TANGGUNGJAWAB ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK (Telaah di Dusun Tibu Nangka Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat)

  • Harto Harto STIT BAHANA SIBAWAIHI MUTAWALLI
Keywords: Tanggungjawab, orang tua, pribadi anak

Abstract

Tanggung jawab yang diemban oleh orang tua dalam membentuk kepribadian anak ditentukan oleh seberapa besar peran mereka dalam memperhatikan, membimbing, dan mengayomi mereka dalam hal-hal yang positif. Ketiga hal tersebut hendaknya didukung oleh kemampuan, kemampuan, biaya, dan waktu dalam pelaksanaannya. Adapun pelaksanaan tanggungjawab orang tua dalam pembentukan pribadi anak yang berlangsung di dusun Tibu Nangka Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah secara garis besar dilakukan melalui pembinaan langsung oleh orang tua di rumah dan pembinaan tidak langsung yaitu melalui lembaga-lembaga pendidikan formal, non-formal dan informal. Pelaksanaan tanggungjawab orang tua tersebut tidaklah berjalan semudah membalik telapak tangan, namun akan menemukan banyak rintangan seperti: pendidikan orang tua yang tidak mendukung, pergaulan anak yang sulit dikendalikan, ekonomi orang tua, dan faktor perkawinan orang tua dibawah umur.
Published
2020-04-16
How to Cite
Harto, H. (2020). TANGGUNGJAWAB ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK (Telaah di Dusun Tibu Nangka Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat). Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 15-26. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4136

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.