PERAN DAKWAH ISLAMIYAH DALAM PEMBINAAN ANAK DI DESA PIJOT UTARA KECAMATAN KERUAK

  • lalu mursidi Elkatarie
Keywords: Dakwah, pembinaan

Abstract

Dakwah ajaran islam yang kemudian di aktualisasikan dalam pembinaan anak. Islam sebagai agama peradaban yang menegaskan setiap individu muslim untuk menyebarkan dan mensyarkan kepada seluruh umat manusia agar mereka selamat di dunia dan akhirat. Sebagi agama yang dipilihkan Allah diantara bermacam-macam agama diatas dunia, maka tentu agama Islam mempunyai kelebihan-kelebihan yang menonjol dari agama-agama lain, karna ajaran agama Islam lebih luas dan mencakup segala aspek kehidupan. Dakwah merupakan salah satu kewajiban setiap muslim yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Dakwah bertujuan mengajak seluruh umat Islam untuk beribadah dan mencurahkan seluruh perbuatan agar selalu mendapat ridho-Nya. Bagaiman peran para ulama’ dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyrakat desa Pijot Utara. Kegiatan dakwah yang dilakukan para ulama’, mencakup tiga nilai, akidah, muamalah, akhlak. Metode yang digunakan yaitu dengan cara ceramah agama, menyampaikan nilai-nilai akidah (keimanan, keyakinan), pengajaran tentang ilmu fiqih (tentang tatacara ibadah), dan juga tausiah keagamaan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari yang sesui dengan nilai-nilai ke-Islaman, seperti tatacara bermasyarakat, menanamkan sipat persaudaraan dan saling tolong menolong antar sesame dan sebagainya. Pemberian materi-materi keagamaan seperti itu penting bagi masyarakat desa Pijot Utara, karna mayoritas masyarakat masih awam terhadap pengetahuan agama dan ajaran-ajaran Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori peran dan dakwah, tujuannya untuk melihat seberapa besar pengaruh kegiatan dakwah para ulama’ dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat desa Pijot Utara.
Published
2020-04-16
How to Cite
mursidi, lalu. (2020). PERAN DAKWAH ISLAMIYAH DALAM PEMBINAAN ANAK DI DESA PIJOT UTARA KECAMATAN KERUAK. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 27-38. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4137

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.