PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN BELAJAR TUNTAS PADA SISWA KELAS XI. IPS.A MA.DARUL AITAM JEROWARU Tahun 2019/2020

  • sukranudin sukranudin STIT Palapa Nusantara
Keywords: Penerapan Belajar Tuntas , Hasil Belajar dan Pemecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Belajar Tuntas Pada Siswa Kelas XI.IPS.A. MA. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi dan refleksi. Obyek penelitian ini di tentukan dengan mengambil kelas XI.IPS.A. yang berjumlah 23 orang siswa.Adapun instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi dan tes guru dan siswa. Hasil penelitian ini yang diperoleh pada siklus pertama, dari 23 siswa yang mengikuti tes  evaluasi untuk hasil belajar 17 siswa yang tuntas  dan 6 orang siswa yang belum tuntas  dengan nilai rata-rata 71 ≤ 75 . Sedangkan untuk persentase secara klasikal 73,91% ≤ 85 %,  ini berarti untuk evaluasi hasil belajar secara KKM yang 75 dan KKK 85 % bisa dikatakan tidak tuntas dan untuk pemecahan masalah pada siklus I skor rata-rata sebesar 73,04 dengan prosentase ketuntasan 60%.  Nilai ini belum memenuhi syarat ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85 %. Terdapat 16 siswa yang mendapatkan nilai  ≥ 75  termasuk kategori tuntas belajar dan 7 siswa yang mendapatkan nilai ≤ 75 termasuk kategori belum tuntas belajar. Dari analisis siklus dua, dari 23 siswa yang mengikuti tes hasil evaluasi diperoleh skor rata-rata hasil evaluasi 81,30 dengan prosentase 95%, hasil ini menunjukkan bahwa syarat ketuntasan belajar telah tercapai yaitu 85% terdapat 22 siswa yang mendapat skor hasil belajar ≥ 75. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah nilai rata-rata siswa yakni 83 dengan  persentase banyak siswa tuntas 96 % dan termasuk kategori tuntas belajar.
Published
2020-04-16
How to Cite
sukranudin, sukranudin. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN BELAJAR TUNTAS PADA SISWA KELAS XI. IPS.A MA.DARUL AITAM JEROWARU Tahun 2019/2020. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 89-99. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4142

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.