PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-ISLAM DI SMAN 1 KERUAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • sukranudin sukranudin STIT Palapa Nusantara
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian peserta didik dalam pembelajaran dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang efisien dan kondusif. Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai perantaran atau alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi kelas dan lingkungan belajar. Dengan adanya media dalam pembelajaran peserta didik dirasa akan lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, tanpa motivasi, sangat mungkin pembelajaran tidak menghasilkan belajar.   Permasalah yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Al-Islam di SMAN 1 Keruak tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkat tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Al-Islam serta upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas.   Populasi pada penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 153 peserta didik, sedangkat sampel pada penelitian berpedoman pada jika populasi sekitar 100 maka sampel diambil sebesar 30% , yaitu berjumal 46 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner/ pembagian angket terhadap beberapa responden yang telah dipilih dan dengan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus chi kuadrat yang datanya diperoleh melalui pembagian kuesioner/angket yang kemudian diambil sebuah kesimpulan dan verifikasi.   Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Al-Islam di SMAN 1 Keruak tahun ajaran 20202021. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ternyata harga Chi Kuadrat hitung   ( lebih kecil dari harga Chi kuadrat tabel ( baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%. Dimana nilai Chi Kuadrat hitung adalah 7,276 sedangkan harga Chi Kuadrat tabel ( pada taraf signifikan 1% adalah   21,666 dan taraf signifikan 5% adalah 16,919. Dengan demikian bahwa harga Chi Kuadrat hitung 7,276 lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu 21,666<7,276<16,919.
Published
2020-10-16
How to Cite
sukranudin, sukranudin. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-ISLAM DI SMAN 1 KERUAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 46-55. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4190

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.