UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELOMPOK SISWA DENGAN METODE CERAMAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR (SPPKB) PADA BIDANG STUDI IPS TERPADU DI SMPN 2 JEROWARU

  • Muhamad Zaril Gapari STIT Bahana Wali Jerowaru
Keywords: Diskusi Kelompok dan Prestasi Belajar.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu yang harus diikuti oleh semua orang. Dengan pendidikan yang memadai seseorang akan mampu menjawab tantangan-tantangan global dalam kehidupan. Dengan pendidikan ini pula harkat dan martabat seseorang akan terangkat, semakin rendah tingkat pendidikan seseorang martabat dilingkungannya juga rendah. Harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia juga di pengaruhi pendidikan penduduknya. Salah satu indikasi pencapaian proses pendidikan tersebut adalah terwujudnya hasil belajar yang memuaskan. Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila tercapai hasil belajar yang baik atau siswa mendapatkan nilai diatas rata-rata. Tujuan yang telah ditentukan dalam penelitian ini, yakni untuk meningkatkan hasil belajar kelompok siswa dengan metode ceramah melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada bidang studi ips terpadu untuk kelas VII di SMPN 2 Jerowaru. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan terebut peneliti menguji 28 siswa sebagai sampel dengan spesifikasi laki-laki 11 orang dan perempuan 17 orangyang diambil dari jumlah keseluruhan populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa adalah tes uraian ( subyektif ) yang kemudian dianalisis dengan kriteria ketuntasan belajar, sedangkan untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarakan hasil penelitian setelah dilakukan analisis terhadap data tersebut diperoleh data pemaahaman siswa siklus I pada aktifitas kelonpok diskusi siswa 74.4 % dengan rata-rata 2.6 dan ketuntasan ketuntasan belajar siswa 50 % dengan rata-rata 59.3. sedangkan pada siklus II persentase aktifitas kelompok diskusi siswa sebanyak 87.2 % dengan rata-rata 3.1 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 89.1% dengan nilai rata-rata 72.1.
Published
2020-10-16
How to Cite
Gapari, M. Z. (2020). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELOMPOK SISWA DENGAN METODE CERAMAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR (SPPKB) PADA BIDANG STUDI IPS TERPADU DI SMPN 2 JEROWARU. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 56-75. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4192

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.