STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL YATAMA WALMASAKIN DALAM MNGHADAPI TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI

  • Muhammad Ali Syahbana STIT BAHANA SUMBAWA BARAT
Keywords: Strategi, Pesantren, dan Globalisasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pondok pesantren dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi pondok pesantren Darul Yatama Walmasakin di era globalisasi meliputi bidang teknologi dan bidang pendidikan. Bidang teknologi yang terdiri dari dampak positif dan negatif. Dampak positifnya berupa untuk mempermudah kegiatan pembelajarannya baik di sekolah atau di pesantren. Adapun dampak negatifnya berupa santri lebih menyukai berbagai acara hiburan didalamnya sehingga ketika kegiatan pembelajaran di pondok berlangsung masih banyak santri yang kurang bisa memanagemen waktu dengan baik. Bidang pendidikan yang berupa motivasi santri dalam hal belajar semakin menurun. strategi yang di terapkan di pondok pesantren Darul Yatama Walmasakin meliputi pertama, dengan memperketat peraturan yang meliputi tidak mudah memberikan izin kepada santri, terutama izin dalam acara kegiatan dan pulang. hal ini bertujuan agar santri tetap mengikuti pembelajaran pondok sehingga mereka tidak tertinggal jauh dari materi yang diajarkan. Kedua, Tidak diperkenankan membawa gadget selama pembelajaran berlangsung, Biasanya, gadget dikumpulkan menjelang maghrib hingga selesainya kegiatan. Ketiga, Semakin banyaknya kegiatan di pondok pesantren Darul yatama Walmasakin berupa pembelajaran, ekstrakulikuler, adanya seminar dari luar, penyuluhan dan promosi-promosi dari luar, adanya sosialisasi dengan pengasuh.
Published
2019-10-16
How to Cite
Syahbana, M. A. (2019). STRATEGI PONDOK PESANTREN DARUL YATAMA WALMASAKIN DALAM MNGHADAPI TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 1-15. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4213

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.