PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMPN 2 KERUAK TA. 2019/2020

  • Lalu Lalu Samcandra STIT Bahana Wali
Keywords: Himpunan, Pendidikan Karakter, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran berbasis pendidikan karakter (2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum mendapatkan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan sesudah mendapatkan pembelajaran berbasis pendidikan karakter (3) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran himpunan berbasis pendidikan karakter dengan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran himpunan tanpa berbasis karakter. Penelitian dilakukan di SMPN2 Keruak ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN2 Keruak. Sampel penelitian kualitatif dalam penelitian ini adalah subjek dari kelas VII A dan VII B yang berjumlah 6 orang. Sampel penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data diambil dengan metode angket, tes, dan wawancara. Pengolahan data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji paired sample t test, dan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran berbasis pendidikan karakter (2) pendidikan karakter berhasil membuat peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dimana dengan uji paired sample t test diperoleh nilai –t hitung < -t tabel (-2,672< -2,056) dan P Value (0,013 < 0,05) maka rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi setelah mendapatkan pendidikan karakter. Sedangkan pada kelas kontrol mengalami penurunan hasil belajar dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,279>2,052) dan P Value (0,00 < 0,05) (3) melalui uji independent t test diperoleh t hitung < t tabel (1,467 < 2,006) dan P Value (0,148 > 0,05) maka tidak terdapat perbedaan antara rata-rata nilai kelas ekperimen dengan kelas kontrol.
Published
2019-10-16
How to Cite
Samcandra, L. L. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMPN 2 KERUAK TA. 2019/2020. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 16-24. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4214

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.