HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SEKECAMATAN JEROWARU

  • Mohammad Junaidin Muhdar STIT BAHANA
Keywords: lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat, prestasi, belajar

Abstract

Saat ini masih banyak siswa yang tidak mempunyai lingkungan pergaulan/sosial yang kondusif sehingga dalam mempelajari mata pelajaran mereka mengalami hambatan. Banyak kita dapatkan bahwasanya lingkungan social sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, apalagi terhadap prestasi belajar sekolah, banyak siswa yang kegiatannya hanya bermain dengan teman-temannya, mereka tidak mau belajar dikarenakan teman-teman yang lain juga tidak belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar Siswa Madrasah Aliyah sekecamatan Jerowaru tahun ajaran 2019/2020; 2) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar Siswa Madrasah Aliyah sekecamatan Jerowaru tahun ajaran 2019/2020; 3) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar Siswa Madrasah Aliyah sekecamatan Jerowaru tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat ex-post facto dengan sampel 100 siswa dari total populasi 868 siswa yang dipilih secara Proportionate Random Sampling dan Nomogram Harry King untuk menentikan populasi dengan tingkat kesalahan 10%. Populasi didapatkan dari Madrasah Aliyah Sekecamatan Jerowaru, yang berjumlah 10 MA. Data ini dianalisis secara pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Lingkungan Keluarga berhubungan positif dan signifikan dengan Prestasi Belajar (r=0,391; p<0,05); Lingkungan Sekolah berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi Belajar (r=0,556; p<0,05); Lingkungan Masyarakat berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi Belajar (r=0,249; p<0,05). Lingkungan Sekolah memiliki hubungan yang terkuat dan Lingkungan masyarakat memiliki hubungan yang terlemah dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah sekecamatan Jerowaru tahun ajaran 2019/2020. Semakin besar angka koefisien korelasi, berarti semakin baik model korelasi tersebut karena variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat secara lebih baik.
Published
2019-10-16
How to Cite
Muhdar, M. J. (2019). HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SEKECAMATAN JEROWARU. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 25-36. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4215

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.