MANAJEMEN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA MATARAM PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

  • Saeful Gani STIT Bahana Wali
Keywords: Manajemen Pembelajaran PAI, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Secara umum Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang di kembangkan dari ajaranajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Maka pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah usaha yang dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu manajemen pembelajaran sangat penting sekali dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana manajemen mata pelajaran pendidikan agama islam dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMAN  7 Kota Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitataif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi, angket. Informannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru PAI serta kelas XI AK2. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang telah di dapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran PAI di SMAN  7 Kota Mataram adalah Guru PAI membuat perencanaan pembelajarannya sesuai dengan materi yang akan disampaikan, pelaksanaan pembelajaran PAI di SMAN  7 Kota Mataram sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh Guru PAI yang ada, dan guru PAI juga menggunakan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran PAI di SMAN  7 Kota Mataram tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi dan juga dapat meningkatkan lagi motivasi belajar peserta didik agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil penelitian dari manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatakan Motivasi belajar siswa kelas XI AK2 SMAN  7 Kota Mataram sudah cukup baik, meskipun masih jauh dari tingkat kesempurnaan.  
Published
2019-10-16
How to Cite
Gani, S. (2019). MANAJEMEN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 7 KOTA MATARAM PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 54-68. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4217

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.