IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 2 MASBAGIK

  • remanda nadia tamara UIN Mataram
Keywords: Implementasi Pembelajaran PAI, Karakter Religius, Sikap Peduli Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Perencanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik, (2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik, (3)Evaluasi pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, Display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1)Perencanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui penyusunan silabus, sosialisasi silabus dan penyusunan RPP. (2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. (3)Evaluasi pembelajaran PAI dalam penguatan karakter religius dan sikap peduli sosial siswa di SMA Negeri 2 Masbagik dilakukan melalui penilaian autentik, penilaian acuan kriteria dan hasil akhir pembelajaran.Tesis ini menyimpulkan bahwa implementasi PAI dalam penguatan karakter religus dan sikap peduli sosial adalah proses membentuk, mentransformasikan danĀ  mengembangkan potensi anak didik di seluruh Indonesia agar senantiasa berpikir baik, berhati baik dan berperilaku baik.
Published
2019-04-16
How to Cite
nadia tamara, remanda. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS DAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 2 MASBAGIK. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 1-17. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4417

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.