MODEL PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA PADA MAHASANTRI ASRAMA YASIN AL-IMRON

  • sukranudin sukranudin STIT Palapa Nusantara
Keywords: Model Pembentukan Akhlak Mulia, Asrama Yasin Al-Imron, Mahasantri

Abstract

Akhlak dalam Islam bukanlah moral yang kondisional dan situasional, tetapi akhlak yang memiliki nilai baik dan buruk yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak baik akan terwujud pada diri seseorang dengan melalui pembentukan atau pembinaan. Pembinaan akhlak dilakukan guna menghasilkan manusia yang berakhlak mulia. Asrama Yasin Al-Imron merupakan lembaga pendidikan yang sangat berperan dalam pembentukan akhlak mahasantri. Meskipun begitu, masih terdapat akhlak mahasantri yang harus diperbaiki. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang perekrutan mahasantri yang berbeda, sehingga memiliki parameter akhlak yang berbeda pula. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apa saja model pembentukan akhlak mulia pada mahasantri Pondok Shabran. Adapun manfaat penelitian ini sebagai sumbangan khasanah keilmuan dan leadership untuk Pondok Shabran, khususnya dalam membentuk dan mewujudkan mahasantri yang berakhlak mulia seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data dari pembina, Pengurus dan mahasantri, serta dokumen di Asrama Yasin Al-Imron. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembentukan akhlak mulia yang diterapkan di Asrama Yasin Al-Imron tidak hanya internalisasi, keteladanan, pembiasaan, nasehat, penghargaan dan hukuman. Tetapi memiliki beberapa model diantaranya: model keteladanan dalam ibadah, akhlak, sulukiyyah, model pengawasan, pengarahan dan pengendalian langsung, model penilaian dan pemahaman, model role playing, model salat jamaah dan salat sunnah, model bimbingan Qur‟an dan Hadis. Namun peneliti menemukan model baru yang belum ada pada teori yaitu Comprehensive Model of Glorious Character Building in Shabran (CMGCS) yang terdiri dari model mau’iẓah dan irsyÄd, model pembentukan melalui berorganisasi, model pembentukan melalui berorganisasi perkuliahan, model pembentukan melalui kelompok pengajian, model pembentukan melalui mubaligh hijrah.
Published
2021-04-16
How to Cite
sukranudin, sukranudin. (2021). MODEL PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA PADA MAHASANTRI ASRAMA YASIN AL-IMRON. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 53-64. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4474

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.