PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAI TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SMPN 4 KERUAK

  • sapiudin sapiudin STIT Bahana Wali
Keywords: Metode Pembelajaran Pai, Semangat Belajar Siswa

Abstract

Telah dilakukan peneliti mengenai pengaruh metode pembelajaran PAI terhadap semangat belajar siswa di SMPN 4 Keruak dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PAI terhadap semangat belajar siswa. Penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian lapangan (field Research). Data dikumpulkan melalui lembar obserfasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk respon siswa. Data dianalisis melalui rumus persentase, hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup merespon dengan pembelajaran yang menggunakan berbagai macam metode termasuk kategori yang cukup segnifikan. Berdasarkan angket respon siswa yang telah di isi oleh 28 orang siswa setelah mengikuti pembelajaran PAI yang memperpadukan metode pembelajaran. pengisian angket respon siswa ini bertujuan untuk mengetahui perasaan, minat dan semangat belajar siswa mengenai pengaruh metode pembelajaran tehadap semangat belajar siswa. Persentase jawaban siswa terhadap pengaruh metode pembelajaran PAI dengan kriteria A .ya = 61,42%, B. kadang-kadang = 31,78%, C. jarang sekali = 2,32% dan D. tidak = 1,96%. Dengan kategori jawaban 79-60% (sebagian besar). Jadi pembelajaran PAI yang menggunakan berbagai macam metode dikatakan berhasil dengan sebagian besarĀ  siswa dapat semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Published
2021-04-16
How to Cite
sapiudin, sapiudin. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAI TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SMPN 4 KERUAK. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 79-92. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4476

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.