UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 3 JEROWARU

  • Saeful Gani STIT Bahana Wali
Keywords: Upaya Guru PAI, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengetahui apakah upaya yang dilakukan guru PAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Jerowaru sejak peneliti berkunjung sampai penelitian dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dilakukan untuk mendeskripsikan apakah prestasi belajar PAI akan meningkat dengan upaya guru PAI tersebut. Diantara upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah : dengan menggunakan metode –metode yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menarik dan menyenangkan, memberikan kisah-kisah teladan para nabi dan sahabat, memberikan latihan dan bimbingan konseling atau lebih tepatnya pendalaman materi, memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam belajar, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, memberikan pengayaan, mengulang materi bagi nilai yang rendah dengan waktu yang sama tempat yang berbeda, memberikan pekerjaan rumah (PR) setiap akhir materi dan melakukan ulangan harian setiap 1 bulan sekali. Upaya-upaya yang dilakukan guru PAI kelas 3 dan 4 di SDN 3 Jerowaru memberikan hasil yang baik, prestasi belajar mereka meningkat meskipun dalam proses yang cukup panjang dan dengan grafik yang tidak terlalu pesat.
Published
2021-04-16
How to Cite
Gani, S. (2021). UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 3 JEROWARU. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 35-52. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4495

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.