KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 KERUAK XI

  • sanjaya Perdana Zain Sanjaya perdana zain
Keywords: Kesiapan Guru, Penerapan Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Perubahan dan pembaharuan kurikulum harus difahami sebagai hal yang lazim, karena kurikulum memang harus selalu beradaptasi dengan zaman dan kebutuhan, dan kurikulum 2013 memang disusun untuk mengantisipasi perkembangan zaman tersebut. Lalu yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimanakah kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 itu untuk tahun ini. Apabila guru memiliki kesiapan yang memadai, siap dalam segi kualifikasi dan kompetensi serta siap dalam hal kesamaan pemahaman paradigma yang dijabarkan dalam kurikulum 2013 maka tidak akan bermasalah. Penulis tertarik meneliti tentang: kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI. Dalam penelitian ini masalah yang penulis bahas adalah kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Keruak. Serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Keruak. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI. serta mendeskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Keruak. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMK SMKN 1 Keruak dengan subjek guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan cara deduktif yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: Guru belum sepenuhnya siap dalam menerapkan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari ketidak sesuaian rumusan kurikulum 2013 dan penerapan mata pelajaran bahasa Arab di SMK PPMI Assalaaam, yaitu: SKL belum dirumuskan sesuai dengan kurikulum 2013, standar isi belum diadaptasi dengan kurikulum pemerintah. Dalam standar proses KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 belum diterapkan dalam KBM. Dan standar penilaian pada sikap sesama teman dan portofolio belum dilakukan. Faktor pendukung: Siswa diajak aktif mengkonstruk pemahamannya dalam mengikuti setiap pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya dilakukan di ruang kelas. Siswa dibebaskan memanfaatkan media pembelajaran seperti laptop. Faktor penghambatnya: Buku PAI disusun menggunakan bahasa Arab sehingga kurang efektif jika diajarkan dengan menerapkan kurikulum 2013. Metode yang kurang variatif sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa.
Published
2021-04-16
How to Cite
Zain, sanjaya P. (2021). KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 KERUAK XI . Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 65-78. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4496

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.