Implementasi Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompu

  • Husnul Khuluq STAI Al-Amin Dompu
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Penilaian

Abstrak

Penilaian merupakan aspek penting dalam sebuah proses pembelajaran. Oleh sebab itu, kajian tentang penilaian merupakan hal penting yang perlu ditindak lanjuti.Hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompu yang dilakukan guru termasuk kategori sangat baik, sedangkan menurut siswa termasuk kategori baik. Perencanaan dilakukan guru dengan mengkaji kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pada silabus. Perencanaan penilaian dijelaskan ke dalam RPP. Kesulitan terdapat pada perencanaan penilaian sikap. Penjelasan mengenai kompetensi dasar yang akan dinilai sulit dipahami oleh guru. Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompu yang dilakukan guru termasuk kategori sangat baik. Pengembangan Instrumen penilaian dilakukan dengan membuat kisi-kisi penilaian dan indikator pada silabus, tetapi terdapat beberapa guru yang mengembangkan instrumen penilaian tidak berdasarkan indikator, tidak melakukan analisis butir soal dan tidak membuat kisi-kisi penilaian. Pelaksanan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompu yang dilakukan guru termasuk kategori sangat baik, sedangkan menurut siswa termasuk kategori baik. Pelaksanaan penilaian sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun masih terdapat kekurangan. Kekurangan terdapat pada penilaian sikap, penilaian antar teman masih terkesan kurang objektif.Pengolahan dan pemanfaatan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompuyang dilakukan guru termasuk kategori sangat baik, sedangkan menurut siswa termasuk kategori sangat baik. Pengolahan dan penskoran yang dilakukan sudah mengacu pada pedoman penilaian kurikulum 2013. Program remidial dilakukan dengan baik pada jam pembelajaran tersebut, hanya pada program pengayaan tidak dapat dilakukan karena kesulitan dalam mencari jam pengayaan diluar pembelajaran.

Referensi

A Saepul Hamdani, 2003. Strategi Pembelajaran Kreatif. Surabaya: Usaha Nasional
Aprianto, 2006. Buku Paket Mata Pelajaran Biologi kelas VIII untuk SMP. Bandung: Pustaka Setia.
Al-faruqi, 2006. Pendidikan era kurikulum 2013. Surabaya: Usaha Nasional.
Agustian, 2013. Desain Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Kunanda r (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Penerbit PT. Raja Grafindo
Persada.
Mu lyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung :
PT. Remaja Rosdakarya.
Utami Munandar, 2002: Metode Pembelajaran Aktif. Surabaya: Usaha Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas
Mastuki, 2000. Prosedur Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tarsito.
Tabrany, 1994. Desain Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Poewarminta, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Rochiati Wiriatmaja, 2005. Pendidikan Kritis Era Kontenporer. Bandung: Tarsito.
Muhaimin, 2003. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif. Bandung: Pustaka Setia.
Nurkancana, 1986 “Evaluasi Pendidikan”, Surabaya : Usaha Nasional
Diterbitkan
2016-02-29
##submission.howToCite##
KHULUQ, H. Implementasi Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di MA Al-Amin Dompu. AL-FURQAN, v. 4, n. 2, p. 15-34, 29 Feb 2016.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##