Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan

  • Nurhasanah Nurhasanah

Abstract

Semangat desentralisasi pendidikan perlu disambut dengan baik oleh lembaga pendidikan yang mana lembaga pendidikan diberi kebebasan dalam mengelola lembaganya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sekitarnya dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam menjalankan proses pendidikannya. Untuk mewujudkan ini tentu berbagai bidang di struktur organisasi lembaga sekolah difungsikan secara maksimal tidak hanya yang bersifat akademis yang saja yang diperhatikan tetapi juga yang bersifat pendukung dalam hal ini bidang humas yang menjadi mediator komunikasi antara lembaga pendidikan dengan masyarakat. Inilah yang belum disadari oleh lembaga pendidikan dan masyarakat dimana mereka masih menganggap dua bagian yang terpisahkan sehingga tidak adanya kepedulian terhadap keberadaan masing-masing, padahal mereka adalah dua kelompok yang tidak bisa dipisahkan dalam pelaksanaan proses pendidikan untuk menghasilkan akhlak generasi masyarakat yang bermoral

References

Abdul Hadis dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Maisyaroh. 2011. Maksimalisasi Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Tesis Manajemen Pendidikan Islam UIN Maliki Malang.
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.
Sri Minarti. 2011. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan secara Mandiri. Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan. Alfabeta: Bandung
Published
2016-02-29
How to Cite
NURHASANAH, N. Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan. AL-FURQAN, v. 4, n. 2, p. 35-43, 29 Feb. 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.