Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Multikultural di Sekolah

  • Nuril Furkan
Keywords: Pendidikan Multikultural, Multikulturalisme, Sekolah, Kepala Sekolah

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan salah satunegara yang ada di Dunia yang memiliki keunikan tersendiri di manawilayah yang kepulauan sebagai ciri khasnya tentu berimplikasi padajumlah populasi penduduk yang cukup besar, jumlah kelompok etnik danadat istiadat yang beragam, bahasa yang bermacam-macam denganvariasi dialek yang berbeda pula, dan budaya yang beragam, agamaserta keunikan dan keberagaman lainnya.Harus diakui bahwa konflik yang muncul di Indonesia sangat cepatterjadi bila mengedepankan isu-isu perbedaan keragaman. Hal inimerupakan sebuah tantangan khususnya kalangan sekolah karenasekolah merupakan miniatur dari masyarakat dimana peserta didik yangbelajar di sekolah membawa budaya masing-masing.Salah satu upaya yang dilakukan sekolah dengan memberikanpemahaman pada peserta didik melalui pola implementasi danpengembangan pendidikan multikultural pada setiap sisi kehidupan disekolah baik melalui kegiatan kurikikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikulerserta peran-peran kepala sekolah dan guru sebagai gardaterdepan dalam implementasi dan pengembangan pendidikanmultikultural di sekolah. Dengan demikian pendidikan multikulturaldapat meminimalisir konflik serta memberikan pemahaman akan nilainilaipositif akan keberagaman pada peserta didik khususnya.
Published
2012-08-30
How to Cite
FURKAN, N. Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Multikultural di Sekolah. AL-FURQAN, v. 1, n. 1, p. 51-78, 30 Aug. 2012.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.