Progressivisme Dalam Perspektif Pendidikan (Kontribusi terhadap Pendidikan Sekarang)

  • Kurotul Aeni
Keywords: progressivisme, perspektif pendidikan

Abstract

Aliran Progressivisme mengakui dan berusaha mengembangakan asasProgressivisme dalam semua realitas, terutama dalam kehidupan untuktetap survive terhadap semua tantangan hidup manusia, harus praktis dalammelihat segala sesuatu dari segi keagungannya. Progressivisme kurangmenyetujui adanya pendidikan yang bercorak otoriter, baik yang timbulpada zaman dahulu maupun pada zaman sekarang. Nilai-nilai yang dianutbersifat fleksibel terhadap perubahan, toleran dan terbuka sehinggamenuntut untuk selalu maju bertindak secara konstruktif, inovatif danreformatif, aktif serta dinamis. Jadi kemajuan atau progress menjadi intiperhatian progressivisme. Untuk mencapai perubahan tersebut manusiaharus memiliki pandangan hidup yang bertumpu pada sifat-sifat: fleksibel,curious (ingin mengetahui dan menyelidiki), toleran dan open minded.Komitmen terhadap nilai-nilai tradisional tidak bisa diabaikan, apalagiditolak. Pendidikan yang berlangsung baik di dalam keluarga, sekolah,maupun masyarakat hendaklah mampu menolak terbawanya peserta didikoleh arus globalisasi yang negatip. Pendidikan harus mampu menepispengaruh negatip era globalisasi, yakni dengan menyerap nilai-nilai positipdan menyingkirkan nilai-nilai negatip, serta tetap menggunakan dasar pijakpada nilai-nilai tradisional yang bersumber pada sosio kultural bangsa baikdalam skala mikro maupun makro.
Published
2012-08-30
How to Cite
AENI, K. Progressivisme Dalam Perspektif Pendidikan (Kontribusi terhadap Pendidikan Sekarang). AL-FURQAN, v. 1, n. 1, p. 79-94, 30 Aug. 2012.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.