Analisis Tingkat Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Geometri dan Bilangan Bulat yang Berbentuk Soal Cerita

  • Lala Intan Komalasari
Keywords: Kesulitan Siswa, Matematika, Geometri, Bilangan Bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi geometri dan bentuk akar dalam bentuk soal cerita. Metode yang digunakan adalah menggunakan tes dan wawancara. Tes dilakukan kepada siswa sedangkan wawacara dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil wawancara guru menyatakan bahwa kesulitan guru dalam mengajar geometri adalah kurang tersedia media pembelajaran yang  bisa menunjang pembelajaran di kelas. Sekolah pada penelitian ini menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pada materi KTSP siswa tidak mengalami kesulitan tetapi siswa kesulitan pada soal-soal K13 yang setara soal olimpiade. Selain itu kurang efektifnya penyampaian guru disebabkan kekurangan siswa dalam mempresentasikan materi pembelajaran. Selanjutnya siswa mudah lupa dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Pada materi bilangan bulat guru tidak mengalami kesulitan dalam mengajarkannya, kesulitan justru dialami oleh siswa seperti halnya pangkat negatif, pangkat tak sebenarnya, siswa juga kesulitan dalam mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat.Sedangkan hasil tes siswa menunjukkan bahwa dari semua faktor penyebab kesalahan siswa paling banyak kurang memahami soal yang diberikan terutama pada soal cerita. Selain pemahaman kemampuan mengecek kembali jawaban dengan pertanyaan juga kurang. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan penggunaan media pembelajaran yang mudah didapat

References

Abdullah, Nur Izzati, Rohani Ahmad Tarmizia & Rosini Abu. 2010. The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form Four Secondary Level. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010). 8: 370-376.
Bunga,Chandra.2013 Analisis Keslahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi SPLDV Berdasarkan Analaisis Newman, Studi kasus MAN Malang 2 Batu. Universitas Negeri Malang
Chairani, Z. (2013). Implikasi Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Geometri. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan.8.20-29
Cai, Jinfa Dkk. (2013). Mathematical Problem Posing As A Measure Of Curricular Effect On Students' Learning Mathematical Problem Posing As A Measure Of Curricular Effect On Students' Learning. Educational Studies In Mathematics , 83(3):57–69
Depdiknas. 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Standar Kompetensi Matematika SMP Dan Mts. Jakarta. Depdiknas
Gd.Gunantara, Md. Suarjana, Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. 2(1): 1-10
Hanifah, Erni Hikmatul. 2009.Identifikasi Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman(Studi Kasus SMP Bina Bangsa).Surabaya: IAIN
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas Xi Ipa SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan.Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol 1. 18 – 36
Kusniati. (2011). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Segiempat Menurut Tingkat Berfikir Geometri Van Hiele. Skripsi pada Jurusan Matematika Universitas Semarang : Tidak diterbitkan
Mariani, Scolastika, dkk. 2014. The Effectiveness Of Learning By PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability In Grade VII On Geometry Subject Matter. International Journal Of Education And Researh: 2(8): 531-548.
Nurhasannah N, Dkk. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkatan Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2,54-56
Newman, A.(1977). Newman Promt. Dari http://www.curriculumsupport. education. nsw.gov.au/Secondary/ mathematics/numeracy/ newman/ index.htm.
Pratikipong,Natcha dan Nakamura, Satoshi.2006.Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. CICE Hiroshima University, Journal of InternationalCooperation in Education
Rahmad Basuki, Novila. 2012 . Analisis Kesulitan Siswa Smk Pada Materi Pokok Geometri Dan Alternatif Pemecahannya. Dalam Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2012, Surakarta, Indonesia. Hal. 97– 104
Soedjadi.2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Kontansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Direktorat jendral pendidikan tinggi departemen nasional.
Utami, Rini. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1):81-96
Van de Walle, John A. 1994. Elementary School Mathematics . New York: Longman.
Widia, W. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Melalui Strategi Berbasis Masalah dalam Pokok Bahasan Pertidaksamaan. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP-Garut: Tidak diterbitkan
Wijayanti, dkk. (2016). Profil Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa.KNPM Surakarta : Universitas Muhammadiyah
Published
2017-08-31
How to Cite
KOMALASARI, L. I. Analisis Tingkat Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Geometri dan Bilangan Bulat yang Berbentuk Soal Cerita. AL-FURQAN, v. 6, n. 1, p. 22-35, 31 Aug. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.