Konstruksi Pluralisme Agama dalam Praktik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Dompu

  • Ilyas Ilyas
Keywords: Agama, Pluralisme, Klaim- kebenaran, Kepedulian-moral

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan, sekolah pada dasarnya merupakan “mikrokosmos†yang harus merefleksikan realitas dan pluralitas, termasuk pluralitas agama, yang ada dalam masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan hendak melihat bagaimana guru PAI memahami dan memaknai pluralisme agama dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  praktik pembelajaran pendidikan agama justeru memperkokoh klaim kebenaran agama sendiri. Meski berstatus sebagai sekolah umum, kenyataannya Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Dompu masih sangat kuat dipengaruhi semangat truth claim. Akibatnya, toleransi beragama yang menjadi salah satu tujuan pembelajaran PAI sulit terwujud. Sebaliknya, pendidikan agama makin memperkokoh segregasi antarpemeluk agama. Oleh karena itu, ke depan orientasi pembelajaran PAI harus diarahkan pada upaya untuk menumbuhkan kepedulian moral bersama pada masalah-masalah kemanusiaan universal

References

AJ, Syahroni. 2003. “Pluralisme Keberagamaan: Wawasan Subyek Dakwah”. Dalam Jurnal Wacana No. 1, Vol. 3, November.
Cholil, Suhadi dkk. 2010. Laporan Tahunan Kehidupan Beragama di Indonesia 2009. Yogyakarta: CRCS-UGM.
Fadjar, A. Malik dan Arifin, Syamsul. 2001. “Muhammadiyah dan Pluralisme Agama”. Dalam Jurnal Ulumuddin No 1, Thn IV, Juli.
Jalal, F&Musthafa, B. 2001. Education Reform in The Context of Regional Autonomy: The Case of Indonesia. Jakarta: Ministry of National Education-National Development Planning Agency, The Republic of Indonesia.
Muqaddimah Jurnal Ulumuddin No. 4 Thn 3, Juni 2000.
Nasih, Ahmad Munjin dan Nur Kholidah, Lilik. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.
Nasr, Seyyed Hossein. 1993. Islam dan Filsafat Perenial. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Mizan.
Nasution, Muslim. 2000. “Pembentukan Akhlak Mulia bagi Siswa SMU”. Dalam Jurnal Pendais Vol.1 No. 3, September.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran PAI untuk Sekolah Menengah Atas.
Siti Khairiah. 2011. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Dompu.
Schoun, Frithjof. 1994. Mencari Titik-Temu Agama-agama. Terj. Saafroedin Bahar. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Tilaar, HAR & Nugroho, R. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
WJS. Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
http://www.sacredheart.edu/pages/13027__the_dialogue_decalogue_by_leonard_swidler.cfm. Diunduh tgl 23 November 2010.
Published
2018-08-31
How to Cite
ILYAS, I. Konstruksi Pluralisme Agama dalam Praktik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Dompu. AL-FURQAN, v. 7, n. 1, p. 1-12, 31 Aug. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.