Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Materi Pokok Badan Usaha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Yaspuri Malang

  • Siama Siama
Keywords: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok badan usaha pada kelas VII MTs Yaspuri Malang. (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok badan usaha pada kelas VII MTs Yaspuri Malang. (3) Mendeskripsikan proses penilaian pembelajaran melalui penerapan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok badan usaha pada kelas VII MTs Yaspuri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif  yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post test, pengamatan partisipatif, wawancara. Tes dilaksanakan setiap akhir pertemuan siklus I dan test yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus II. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu karena dalam setiap silkus mengalami peningkatan, nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 86,6 pada siklus I adalah 86,3 dan pada siklus II adalah 97,8. Sedangkan prosentase dari pra siklus ke siklus I mengalami penurunan sebesar 0,34%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,90%

References

Abdurohman, DKK. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA Universiti Press
Al-Qur’an dan terjemahannya. 2005. Jakarta: Depag RI
Arikunto. Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka cipta
Arsyad.Azhar, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja grafindo persada
Azka, F. 2005. Keefektivan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Jigsaw Ii Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas Ii Semester 1 Smp N 10 Semarang. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Semarang
Hasil observasi/ hasil pengamatan guru kelas
Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dan siswa-siswi MTs Yaspuri Malang
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA Universiti Press
M. Indianto, 2004. Sosiologi Untuk SMA. Jakarta : Erlangga
Naryati. 2006. Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Iii Ipa Semester I Ma Al-Asror Patemon Yang Tidak Diberi Dengan Yang Diberi Metode Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Pokok Bahasan Upaya Mengisi Kemerdekaan Ri (Antara Tahun 1955-1998) Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Unnes
Nasir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Galia Indonesia
Nawawi, H. Hadari. 1998. Organisasi sekolah dan pengelolaan kelas. Jakarta: CV Haji Masagung.
Murni, Wahid. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press
Nur’aini, 2006. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta : Cipta media
Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang
Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta
Prebadi, Benny. 1998. Metode dan desain system pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rakhmahwati, Ima. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperative STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X-C MAN Keboan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Sadiati, D. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok Pada Pokok Bahasan Gaya Dan Percepatan Kelas VII Smp Negeri 2 Bukateja. Skripsi Sarjana Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Semarang
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Theory Research and Practice. Boston: Allyn and Bacon
Soekanto. Soerjono,2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : T. Raja Grafindo Persada
Sudjana. Nana, 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugandi. Achmad dkk, 2004. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT UNNES Press
Sugiyono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sunaryo, 1989. Strategi Belajar Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Sosial. Jakarta: Depdikbud
Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. PT Reneka Cipta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya. Pustaka Pelajar.
Waluyo, DKK. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Wijayanti, Ani. 2007. Perbandingan Antara Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Menggunakan Media Pembelajaran ”Kartu Soal” Dengan -Metode Pembelajaran Ceramah Pada Mata Pelajaran Sosiologi Pokok Bah San Masyarakat Multikultural Siswa Kelas Xi Sma Teuku Umar Semarang. Skripsi S1 Sosiologi dan Antropologi. Universitas Negeri Semarang.
http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/04/pengertian-ekonomi-terpadu.html?m=1
http://septinurkhikmah.blogspot.com/2013/04/tafsir-surat-nisa-ayat-9.html
Published
2017-02-28
How to Cite
SIAMA, S. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Materi Pokok Badan Usaha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Yaspuri Malang. AL-FURQAN, v. 5, n. 2, p. 45-69, 28 Feb. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.