Pendekatan Psikologis dalam Pengkajian Islam

  • Nurul Fauziah STAI Al-Amin Dompu
Kata Kunci: Pendekatan, Psikologi, Pengjkajian, Islam

Abstrak

Dalam kehidupan bermasyarakat manusia hidup dipengaruhi prilaku. Psikologi mendapatkan perang terbesar dalam menangani persoalan prilaku manusia. sebagai sebuah disiplin ilmu, psikologi banyak diharapkan dapat menjelaskan adanya fenomena-fenomena atau problem-problem umat manusia, khususnya umat Islam. Untuk itu, perlu ada integrasi antara Psikologi dan Islam. Psikologi dan pendidikan Islam pada dasarnya memiliki corak yang sama dalam melihat berbagai kasus dalam bangunan keilmuan, sehingga pada kajian keislaman seperti pendidikan Islam, dibutuhkan sebuah pendekatan untuk melihat fenomena sosial lebih dalam, yaitu dengan menggunakan pendekatan psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan psikologi dan pendidikan islam dan bagaimana pendekatan psikologi dalam pendekatan islam. Psikologi sebagai sebuah pendekatan dapat melahirkan temuan yang sesuai dengan konteksnya. Dalam kajian keislaman khususnya pendidikan Islam dapat menjadi akses bagi ilmu-ilmu lain untuk dijadikan sebagai alat dalam melihat berbagai problem sosial. Hal itu yang kemudian terjadi dengan psikologi dan pendidikan Islam sebab dengan itu melahirkan psikologi pendidikan Islam. Hasil dalam Penelitian ini menunjukan bahwa Psikologi Islam mengacu pada suatu konsep bahwa Islam hadir dengan menawarkan pembahasan tentang konsep manusia yang lebihkomprehensif. Manusia tidak hanya dikendalikan oleh masa lalu atau lingkunganyang melingkupinya, tetapi mampu merancang masa depan dan mampumengendalikan lingkungan

Referensi

Abu Ahmadi dan Munawarah Sholeh, Psikologi Pekembnagn, cet ke-2 (akarta: Rineka Cipta, 2005

Al Qur’an Al Karim

Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islam , cet ke-1 Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Ending Sifuddin Anshari, Wawasan Islam, Pokok Pokok Pikiran Tentang Paradigma dan Sistem Islam, (Jakarta: Gema Insani, 2004

Baharuddin, Paradigma Psikologi Islam, Studi Tentang Elemen Psikologi dari al- Qur’an, cet ke-1 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Dendy Sugono, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008

Desmita, Psikologi Perkembnagan, cet ke-5 20094

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek, jilid-1 Jakarta: UI Pres, 1985

____________ , Asas asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al husna Baru, 2003

____________, teori teori kesehatan mental , Jakarta: pustaka alhusna,1992

Hawardi dan Reni Akbar, psikologi Perkembangan Anak: mengenal Sifat, Bakat. Dan kemampuan Anak. Bandung: pustaka Setia, 2001

Jamali Sahrodi, Metodelogi Studi Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2008

Kartini Kartono, Psikologi Umum, Bandung: CV. Mandar Maju, 1990

M arifia, Ilmu PendidikanIislam, Tinjauan Teoritis dan Praktisi Berdasarkan Pendekatan Interdisiplinan Jakarta: Bumi Aksara, 2006

M. Amin Abdullah, Islamik Stadis Dioerguruan Tinggi Pendekatan Integratif Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Mahmoud M. Ayoub, Islam : Antara Keyakinan dan Peraktek Ritual, Refleksi Cendekiawan Muslim Untuk Kesadaran dan Kesatuan Umat, Terjemahan Nur Hidayat Yogyakarta: AK. Group, 2004

Maijor poalk, Sosialogi Sesuatu Pengantar Ringkas, Jakarta: Ichitiar Baru fan Khoefe, 1991

Robert H Thoules, Pengantar Psikologi Agama,Tejemah oleh machnun Husein, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2000

Susanto, E. (2019). Building Image of Madrasah: MTs Strategy. Al-Kautsar in Building Quality. AL-FURQAN, 7(2), 99-110.

Zakiyah Daradjat, dkk, Perbandingan Agama II, Jakarta: Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, 1984

Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
FAUZIAH, N. Pendekatan Psikologis dalam Pengkajian Islam. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 23-34, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##