Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di SMK Negeri 1 Manggelewa

  • Kisman Kisman STAI AL AMIN DOMPU
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Perilaku Islami Siswa

Abstrak

Konteks penelitian dalam penelitian ini ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa? (2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa? (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) mengetahui peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa, (2) mengetahui peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa, (3) mengetahui peran Guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa.Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Manggelewa yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu fasilitas keagamaan seperti musholla dan perpustakaan Islam serta ekstra kurlikuler keagamaan seperti GQ, hadrah, dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa.

Referensi

Amin Haedari, M. (2010). Pendidikan Agama di Indonesia. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Amin Silalahi, Gabriel. (2003). Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV Citra Media.
Arikunto, Suharisimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Dompu: PT Rineka Cipta
Azwar, Saifudin. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Bahri Djamarah, Syaiful. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Bungin, Burhan. (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Dompu: PT. Raja Grafindo Persada.
Bungin (Ed), Burhan. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Dompu: PT Raja Grafindo Persada.
Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dompu: Balai Pustaka.
Dimayanti & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Dompu: Rineka Cipta
Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1999-2004. 2002. Dompu: Sinar Grafika.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian KUALITATIF; Teori dan Praktik. Dompu: Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Dompu: PT Bumi Aksara. http://dewasastra.wordpress.com/2012/03/11/konsep-dan-pengertian-perilaku/. Diakses tanggal 5 Januari 2015. https://goenable.wordpress.com/tag/etika-normatif/Diakses tanggal 3 April 2015.
K, Rendra. (2000). Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya pengefektifan PAI di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_______ (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Dompu: Raja Grafindo Persada.
________(2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam. Dompu: PT.Raja Grafindo
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_______(2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munarji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Dompu: PT. Bina Ilmu.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. 2009. Metodelogi Penelitian. Dompu: Bumi Aksara.
Nurdin, Muhammmad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group.
Nur nasution, Wahyuddin. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nata, Abuddin. 2006. Akhlak Tasawuf. Dompu: Raja Grafindo Persada.
Ngalim Purwanto, M. 1988. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. 2007. Psikologi Agama. Dompu: Kalam Mulia.
Richard, Jack. 1999. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistic. Malaysia: Longman Group.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SUC.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran. Dompu : Kencana, cet-8.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Dompu: PT.Raja Grafinda Perkasa.
Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Dompu: PT Rineka Cipta.
Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV ALFABETA
________2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Dompu: PT Bumi Aksara.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: SUKSES Offset.
________2011. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Toha, Chabib dkk. 2004. Metodologi Pengajaran Agama, cet II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dompu: PT. Raja Grafindo Persada.
Widiatmaja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tinadakan Kelas. Bandung: PT. Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Belajar Agama: Perspektif Agama Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Dompu: Aksara.
Diterbitkan
2020-09-30
##submission.howToCite##
KISMAN, K. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di SMK Negeri 1 Manggelewa. AL-FURQAN, v. 9, n. 1, p. 43-62, 30 Sep 2020.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##