Manajerial Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Mutu Profesionalisme Guru (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Pajo)

  • Firmansyah Al Amin Dompu
  • Arifudin Al Amin Dompu
Kata Kunci: Manajerial, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru

Abstrak

Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin, penggerak, motivator, planner, evaluator, dan berbagai sebutan lainnya yang mempunyai arti mendalam sebagai seorang manajer. Dengan kata pemimpin inilah, seluruh lini sekolah berada dibawah tanggung jawabnya. Kepala sekolah juga memegang tanggung jawab atas pengelolaan seluruh elemen dalam lembaganya. Elemen-elemen lembaga ini meliputi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan seluruh pesertadidik yang akan menanti dan menuruti kepala sekolah. Kepala sekolah sendiri memiliki beberapa fungsi. Namun fungsi utama kepala sekolah ialah manajerial. Fungsi manajerial ini juga mendukung semua elemen dalam lembaga, salah satunya bagi tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan pihak yang langsung menjalankan proses pendidikan, sehingga peran Manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik sangat diperlukan dalam sebuah lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana kepala sekolah menyusun program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Pajo, 2) bagaimana kepala sekolah melaksanakan program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Pajo, 3) bagaimana kepala sekolah mengevaluasi program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Pajo. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang berusaha meneliti atau melakukan studi observasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kepala sekolah menyusun perencanaan yang starategis dimana program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Penyusunan dilakukan bersama dengan tim yang terdiri dari 6 komponen yaitu kepala sekolah, guru, Ka. TU, komite, perwakilan walimurid dan narasumber pendidikan. (2) Pelaksanaan program berjalan dengan baik meskipun terdapat kendala dan factor yang mengikat para peserta program, sehingga program dapat berjalan sesuai dengan perencanaannya dengan presentase 60-85%. (3) Kepala sekolah senantiasa mengontrol seluruh rangkaian program dan mengevaluasi berbagai program seperti program jangka panjang ditinjau ulang setiap rapat dan direvisi sesuai dengan kebutuhan.

Referensi

Husaini Usman, Manajemen (Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)
Ratna Wahyuningsih. https:/www.kompasiana.com. diakses pada 29 Oktober 2020
https://fridaaprilliya.wordpress.com/2016/12/08/fungsi-peran-tugas-tanggung jawab-kepala-sekolah/ diakses pada 29 Oktober 2020
Karwati, Donni Juni Priansa. Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu. (Bandung: Alfabeta, 2013)
https://fridaaprilliya.wordpress.com/2016/12/08/fungsi-peran-tugas- tanggung jawab-kepala-sekolah/ diakses pada 29 November
Ditjenpp Kemenkumham, 2017. https://www.jogloabang.com/pendidikan/pp-19-2017- perubahan-pp-74-2008-guru
Agustinus Hermino, Kepemimpinan Pendidikan Di Era Gobalisasi. (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014)
Tempo.co Mengoptimalkan Peran Kepala Sekolah. Oleh: Tempo.co. Rabu, 3 Mei 2018 12:06 WIB. https://nasional.tempo.co/read/1091737/mengoptimalkan-peran-kepala-sekolah . Diakses pada 29 November
Rahel Narda Catherine, Pendidikan RI Sepuluh Besar Terbawah Dunia, Nadiem: Masukan Berharga, DetikNews. 3 desember
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004)
Djunaidi Ghoni, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Teknik, dan Teori Grounded), (Surabaya: Bina Ilmu, 2012)
Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002)
Erni Trisnawati dan Kurniawan Sule, Pengantar Manajamen. (Surabaya: Digilib UINSBY, 2009).
Ana Ratna Wulan, Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran.FPMIPA Universitass Pendidikan Indonesia, Jurnal Assasement, (UPI, 2016)
Jurnal, Panduan Perencanaan Monitoring Dan Evaluasi. (Jurnal wordpress, September 2011)
Diterbitkan
2021-08-24
##submission.howToCite##
AL AMIN DOMPU, F.; AL AMIN DOMPU, A. Manajerial Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Mutu Profesionalisme Guru (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Pajo). AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 1-9, 24 Agu 2021.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##