Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam

  • khalqi STAI Al-Amin Dompu STAI Al-Amin

Abstract

Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan banyaknya masyarakat yang beragama Islam tentulah dapat kita lihat lembaga Pendidikan yang berlebel dan terfokus pada Pendidikan Islam. Dengan demikian dianggap penting untuk diketahui dan dikaji berbagai hal yang berkaitan dengan kurikulum Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), dengan menggunakan penelitian ini, penulis dapat mengeksperimenkan hasil olah pikir dari berbagai sumber bacaan yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini dapat kita ketahui bahwa dalam dunia pendidikan Islam, kurikulum dikenal dengan istilah manhaj yang berarti jalan yang terang yang dilalui oleh pendidik bersama anak didiknya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka. Dasar kurikulum pendidikan Islam yaitu Dasar Religi, Dasar Falsafah, Dasar Psikologis, Dasar Sosiologis, dan Dasar Organisatoris. Prinsip kurikulum pendidikan Islam antara lain yaitu harus sesuai dengan identitas Islam, Ciri-ciri kurikulum pendidikan Islam antaranya yaitu Terlihat jelas pada tujuan agama dan akhlak pada berbagai tujua-tujuannya dan kandungan-kandungan, metode-metode, alat-alat dan tekniknya bercorak agama. Segala yang diajarkan dan diamalkan dalam lingkungan agama dan akhlak dan berdasar pada al-Qur’an, al-Hadits dan peninggalan orang-orang dulu yang shaleh. Fungsi kurikumum pendidikan Islam antara lain yaitu Kurikulum sebagai pedoman dan program yang harus dilakukan oleh subjek dan objek pendidikan. Isi Kurikulum Pendidikan Islam terbagi menjadi dua yaitu tingkat pemula dan tingkat atas.

References

Al-Syaibany, Omar Muhamad Al-Toumy. 1979. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Arifin, M. 2006. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz, Abd. 2009. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iqbal, Abu Muhammad. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mujib, Abdul, and Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nata, Abuddin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tafsir, Ahmad. 2012. Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani Dan Kalbu Memanusiakan Manusiai. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-08-24
How to Cite
STAI AL-AMIN DOMPU, KHALQI. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam. AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 10-18, 24 Aug. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.