Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMP Tahfidz Al-Mubarok Ranggo Dompu Tahun Pelajaran 2021

  • rustam STAI Al-Amin Dompu STAI Al-Amin
  • Rukmana Al Amin Dompu STAI Al-Amin Dompu

Abstract

Al-Qur’an ialah petunjuk bagi umat ini. Semakin tinggi intensitas interaksi bersama Al- Qur’an, berbagai kemuliaan bisa diraih bagi siapa yang dekat dengannya. Di era modern ini masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya petunjuk hidup yaitu Al- Qur’an. Banyak lembaga pendidikan mulai menggalakkan berbagai program berkaitan dalam mempelajari petunjuk itu di antaranya Tahfidz. Penelitian ini bertujuan adalah (1) Agar mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu (2) Agar mengetahui faktor-faktor pendukung upaya dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu (4) Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi faktor- faktor penghambat upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu. Penelitian ini Merupakan jenis kualitatif. Dengan teknik analisis deskriptif interpretatif yang mana pengumpulan data melalui cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al- Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu   yaitu memberikan motivasi, membuat target hafalan, program tasmi’, mengadakan dauroh Al-Qur’an, dan melakukan pengawasan. (2) Faktor pendukung upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu yaitu pembimbing menguasai ilmu tajwid dan memiliki hafalan, pembimbing yang menjiwai peran, dan adanya media pendukung. (3) Faktor penghalangnya yaitu kurang terevaluasi, kurangnya pembimbing, malas, dan belum baiknya bacaan. Dan (4) solusi untuk mengatasi faktor penghalang upaya guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SMP Tahfiz Al-Mubarok Ranggo Kab. Dompu yaitu melakukan evaluasi, melakukan rekrutmen guru Tahfidz yang lebih banyak, memberikan motivasi, dan memperbaiki bacaan.

References

Ahyak. 2005. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: Elkaf.
Al Hafidz, Mahbub Junaidi. 2006. Menghafal Al-Qur’an itu Mudah. Lamongan: CV Angkasa Solo.
Ambarjaya, Beni S. t.t. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta
Emas Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
AS., Sirojuddin. 2005. Tuntutan Membaca Al-qur’an Dengan Tartil. Bandung, Mizan.
Asrori, Mohmmad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Badwilan, Ahmad Salim.2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.
Budimasyah, Dasien dkk. 2008. Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: Ganeshindo.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Rohani, Ahmad dan H. Abu Ahmadi. t.t. Pengelolaan Pembelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful bahri dan Aswan Zain. 1996. Stategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Tholchah. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang : Universitas Islam Malang.
Ihsan, Hamdani. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. Kementerian Agama Islam, 2000. Al Qur’an dan Terjemahnya Dilengkapi Kajian Ushul Fiqih. PT Stigma Gramedia.
Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moelong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Na’im, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Rohani, Ahmad dan H. Abu Ahmadi. t.t. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Shihab, M Quraish. 1999. Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Sudirman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak Menulis, Membaca Dan Mencintai Al- qur’an. Jakarata: Gema Insani
Published
2021-08-24
How to Cite
STAI AL-AMIN DOMPU, RUSTAM; AL AMIN DOMPU, R. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMP Tahfidz Al-Mubarok Ranggo Dompu Tahun Pelajaran 2021. AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 19-34, 24 Aug. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.