Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer (Studi Multisitus Di SMP Islam Al-Maliki Woha dan Mts Az-Zainuddin Kalaki Kabupaten Bima)

  • Fiki STAI Al-Amin Dompu STAI Al-Amin
  • Angriani Al Amin Dompu
  • Afriani Al Amin Dompu

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer  (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima. Tujuan penelitian ini mengkaji peran kepala sekolah SMP Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima sebagai manajer, faktor pendukung keberhasilan, masalah yang dihadapi dan upaya kepala sekolah mengatasi masalah. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi multisitus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran SMP Islam Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima sebagai manajer adalah: : 1) Melibatkan guru dan pegawai dalam pengelolaan program sekolah; 2) Melakukan pengelolaan kurikulum; 3) Mewujudkan iklim belajar dan berprestasi yang kondusif; 4) Mengikutkan guru-guru dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya; 5) Memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung kegiatan sekolah; 6) Merencanakan pengaggaran; 7) Melakukan kegiatan pengelolaan kesiswaan; 8) Menugaskan secara khusus guru-guru untuk mengawal program, dan 9) Melakukan pengawasan. Faktor internal yang menjadi pendukung keberhasilan kepala SMP Islam Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima sebagai manajer adalah kebersamaan guru-guru untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan keingi`nan yang ikhlas untuk mejalankan program sekolah yang telah direncankan bersama-sama. Faktor eksternalnya adalah dukungan wali murid yang kuat pada program yang telah dijalankan oleh sekolah. Kendala internal yang dihadapi kepala SMP Islam Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima sebagai manajer adalah keterbatasan waktu dari guru-guru untuk melakukan atau menjalankan program dengan semaksimal mungkin. Sementara kendala eksternalnya adalah kesadaran wali murid akan program sekolah tersebut. Upaya yang dilakukan kepala SMP Islam Al-Maliki Woha dan MTS Az-zainuddin Kalaki Kabupaten Bima sebagai manajer dalam meningkatkan mutu sekolah untuk mengatasi masalah internal dan eksternal adalah mengkomunikasikan kepada guru-guru untuk lebih aktif melakukan atau menjalankan program yang telah direncanakan.

References

Aliyansah. (n.d.). Strategi kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3, 1–11.
Aufa. (2016). Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Ma ’ arif Giriloyo II Bantul Yogyakarta. 1(November), 199–212.
Iskandar, A. (2013). Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah dan Kemitraan Bidang Akademik Antar Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah Pada SD di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunung Tanjung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendid. 1(3), 2013.
Karina Purwanti, M. A. . & Y. (2014). Jurnal Ilmiah Didaktika. XIV(2), 368–378.
Lestari, S. (2016). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI SISWA Sri Lestari. 127–132.
Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan Ideal Kepala Sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.
Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Journal Tadris.
Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Professional dalam konteks Menyukseskan MBS dan KBK.
Mustofa. (2007). UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Nurasiah. (2012). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 52–67.
RI, D. A. (2013). Al Quran dan Terjemah. CV. Jabal Raudhatul Jannah.
Septiana, R., Ngadiman, & Ivada, E. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jupe UNS, 2(1), 107–118.
Syafaruddin. (2015). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat Press.
Yusnidar. (2014). Jurnal Ilmiah Didaktika. XIV(2), 368–378.
Published
2021-08-24
How to Cite
STAI AL-AMIN DOMPU, F.; AL AMIN DOMPU, A.; AL AMIN DOMPU, A. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer (Studi Multisitus Di SMP Islam Al-Maliki Woha dan Mts Az-Zainuddin Kalaki Kabupaten Bima). AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 50-61, 24 Aug. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.