Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Pada Santri Binaan Tahfizh Al-Quran

  • Rosdiana Djahibakal STAI Al-Amin
  • Agus Suratman Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu
  • Sri Wahyuni Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima khususnya bagi santri binaan tahfizh Al-quran masih menghadapi berbagai kendala terutama dalam meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa Arab tentunya hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang tersedianya fasilitas yang memadai, lingkungan berbahasa yang kurang aktif, kurangnya motivasi dalam diri para santri serta kurangnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki. Untuk itu perlu diupayakan sebuah solusi mengenalkan dan mengajarkan bahasa Arab kepada pengguna bahasa Arab. Diantaranya adalah dengan menghafal Al-quran karena bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur Al-quran. Karena, menghafal Al-quran tidak hanya memberikan keutamaan untuk akhirat saja, tetapi menghafal Al-quran merupakan ciri orang yang diberi ilmu dan dijamin urusan dunianya oleh Allah SWT. Selain itu, kebiasaan menghafal Al-quran ini dapat lebih mengakrabkan penghafalnya dengan bahasa Al-quran yaitu bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menghafal Al-quran terhadap kemampuan berbahasa Arab pada santri binaan tahfizh Al-quran Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode tes, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data statistik dengan menampilkan data dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan rumus product moment. Setelah indeks korelasi dimasukkan ke dalam rumus product moment dan mendapatkan hasil korelasi sebesar 0,778. Selanjutnya menentukan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dicari sebagai berikut: r²x 100 % = 0,778² x 100 % = 0,605 x 100 % = 60,5 %. Artinya variabel menghafal Al-quran (X) berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa Arab (Y) pada santri binaan tahfizh Al-quran Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima. Berdasarkan perhitungan 5 % dan n = 21, df = n-2 = 21-2 = 19 sehingga diperoleh ttabel =2,093, maka Ho ditolak, artinya thitung 4,970 ≥ ttabel 2,093. Artinya ada hubungan yang signifikan yaitu pengaruh menghafal Al-quran terhadap kemampuan berbahasa Arab pada santri binaan tahfizh Al-quran Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima.

References

As-Sirjani, Raghib dan Khaaliq, Abdurrahman Abdul Cara Cerdas Menghafal Al-Qur’an, Solo: Penerbit Aqwam, 2007.
Arikunto, Suharsimi prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Al-Ghautsani, Yahya bin ‘Abdurrazaq Cara Mudah Dan Cepat Menghafal Al-Qur’an, terj. Zulfan, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2010.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Balai Pustaka, 2002.
Mari dan Effendi, Sofian Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES, 1995.
Nuha, Ulin Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta: DIVA Press, 2012.
Rosyidi, Abdul Wahab Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang.2009.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Yusuf Tayar dan Anwar Syaiful Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997.
Published
2023-01-20
How to Cite
DJAHIBAKAL, R.; SURATMAN, A.; WAHYUNI, S. Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Pada Santri Binaan Tahfizh Al-Quran. AL-FURQAN, v. 11, n. 2, p. 46-53, 20 Jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.