Analisis Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di SMP IT Imam Bukhari Dalam Menghadapi Pandemik Covid-19

  • sri Haryanti STAI Al-Amin
Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Pandemik Covid-19

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi pembelajaran dimasa pandemic covid -19 di SMP-IT Imam Bukhari Dompu. Inovasi pembelajaran diharapkan dapat memberikan solusi dan pencegahan terhadap berkembanganya pandemi covid 19. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri berbagai sumber baik berupah dokumen pemerintah, media masa maupun penelitian yang relevan sebelumnya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan policy research dan didukung oleh hasil wawancara dengan siswa, guru, kepala sekolah dan stakeholder serta data ini akan dianalisis menggunakan content analisis. Hasil penelitian ini menunjukan. Bahwa kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona berdampak pada munculnya konsep-konsep baru yang berkaitan dengan learning from home, dan sekolah menciptakan inovasi model pembelajaran blended learning. Inovasi pembelajaran ini mampu meningkatkan kerja sama orang tua, sekolah dan pemerintah, demi mewujudkan pendidikan yang efektif dan efisiensi ditengah wabah penyakit yang sedang melanda dunia saat ini.

Referensi

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggara, S. (2015). Model Penelitian Administratif. Bandung: Pustaka Setia
Albiladi, K (2019). Blended learning In English Teaching and Learning A Review OF The Current Literature. Journal Of Language Teaching and Research 10(2), 232-238 https://doi.org/http://dx.doi.org/10:17507/jltr.1002.03
Faturrohman, N. (2020) Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol. 3, No.1, 2020 hal. 615-627 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa p-ISSN 2620-9047, e –ISSN 26209071
Fitriana, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromotografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Jurnal Of Educational Innovation 4 (1), 46-54. https://doi.org/https://doi.org/
Hidayat, & Dkk (2020). Pengembangan model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tradisi lisan aceh. Jurnal mimbar ilmu Vol.25 No.3, 2020 P-ISSN: 1829-877X-ISSN: 2685-9033
Kurniawati, D. (2009). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 8-19
Saruri, A. (2017). Inovasi Kebijakan Dalam Perspektif Administrasi Public Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance.
Wulandari, dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blendedpada Mata Kuliah Ahora Yoga, Semester 2 di IHDN Denpasar. Jurnal edutech undksha 8(1) 1-15 http://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Diterbitkan
2021-08-24
##submission.howToCite##
HARYANTI, SRI. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di SMP IT Imam Bukhari Dalam Menghadapi Pandemik Covid-19. AL-FURQAN, v. 10, n. 1, p. 45-49, 24 Agu 2021.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##