Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Era Society 5.0

  • Abdul Haris
Kata Kunci: Kurikulum Pendidikan Islam, Era Society 5.0

Abstrak

Tulisan ini dimaksudkan untuk menata pemahaman secara komprehensif dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam sehingga diperoleh kurikulum yang tertata secara terintegrasi antar komponen-komponenya dalam suatu standard operasional yang memadai. Dengan harapan kurikulum mampu membentuk membentuk kepribadian muslim sejati. Metode penulisan menggunakan kajian kepustakaan, kemudian dianalisis secara deskriptif dan argumentatif. Dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam di era Society 5.0, seyogyanya dilakukan secara proporsional dan tidak terjebak dalam karakter maupun model pembelajaran Abad 21 dan konsep merdeka belajar. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam tidak serta merta menyambut paradigma dan standar proses pembelajaran Abad 21 yang mutlak membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Keberhasilan pembelajaran pendidikan Islam tidak hanya diukur dari kemampuan berpikir analitis, kritis serta kreatif belaka. Pembelajaran pendidikan Islam membutuhkan kemampuan berpikir secara utuh dan menyeluruh, tanpa mendikotomikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir tingkat rendah. Untuk memahami dan mempelajari pokok-pokok ajaran Islam perlu melibatkan kemampuan (berpikir) mengenal, memahami, menghayati, menyakini, untuk kemudian diimani dan diamalkan sebagaimana petunjuk yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Dalam membentuk kepribadian muslim sejati mutlak diperlukan kemampuan berpikir dalam ranah yang menurut paradigma berpikir abad ini tergolong ke dalam ranah kemampuan berpikir tingkat rendah atau yang disebut Low Order Thingking Skills (LOTS).

Referensi

Ahmad Tafsir. 2001. Filsafat Umum dari Thales Sampai Capra. Bandung: Rosdakarya.
Yustinus Suhardi Ruman. 06 Juli 2021. Masyarakat Menurut Auguste Comte. Artikel. (https://binus.ac.id/character-building/2021/07/masyarakat-menurut-auguste-comte/) diakses 2 Desember 2022.
Jujun Suriasumantri. 2010. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Bulan Bintang.
Undang-Undang Dasar 1945.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Budi Slamet Saepudin. 1 November 2018. “Hots” Konsep Berpikir Menghadapi Tantangan Abad-21. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. (http://disdikkbb.org/news/hots-konsep-berpikir-menghadapi-tantangan-abad-21/ ) diakses; 2 Desember 2022.
Muzaiyyin Arifin. 2004. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Muhaimin. 2004. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo.
Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Zais, S. Robert. 1976. Curriculum, Principles and Foundations. New York: Harper & Row, Publishers.
Stratemeyer, Florence Barbara, 1957. Developing Curriculum For Modern Living, (Columbia: Columbia University Press)
Marsh, Colin J. dan Willis, George. 1999. Curriculum, Alternatif Approaches, Ongoing Issues, New Jersey: Prentice-Hall, Inc,.
Beauchamp, G. 1968. Curriculum Theory. Wilmette, Illinois: Kagg Press.
Mujtahid. 2011. Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI).
F. Handayani, U. Ruswandi, and B. S. Arifin. 2020. Pembelajaran PAI di SMA: (Tujuan, Materi, Metode, dan Evaluasi). J. Al-Qiyam, vol. 1, no. 1, pp. 173–179, 2020.
M. A. Hair. 2018. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Ahsan Media, vol. 1, no. 1,pp.97725496–97725498,2018[Online].Available: http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.
N. Fauziyah, “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam,” Al-Mau-Izhoh, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2020.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Keluarga, Sekolah, dan
Masyarakat (Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa asabiliha Fil Baiti Walmadrasati
Walmujtama’), Terj. Shihabuddin, Jakarta, Gema Insani Press.
Bloom, B. S. (1979). Taxonomy of Educational Objectives: Book 1 Cognitive Domain..
London, Longman Group.
Diterbitkan
2023-01-20
##submission.howToCite##
HARIS, A. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Era Society 5.0. AL-FURQAN, v. 11, n. 2, p. 1-17, 20 Jan 2023.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##