Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mubarok Pajo

  • Mukhlisin
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kedisiplinan Siswa

Abstrak

Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan Siswa, (1) Sebagai pembimbing, guru pendidikan agama Islam selalu memberi arahan dan nasehat kepada siswa untuk selalu berdisiplin dan mentaati peraturan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.(2) sebagai motivator adalah mereka selalu memberi dorongan anak didiknya agar bergairah dan aktif dalam belajar serta selalu berdisiplin mentaati tatatertib yang berlaku di sekolah, wujud dorongan yang mereka berikan yaitu dengan menceritakan bahwa banyak kakak kelas mereka yang sukses karena mereka selalu disiplin dalam belajar.(3) sebagai teladan adalah guru yang selalu mengajarkan siswa untuk selalu disiplin, guru PAI datang tepat waktu, menjaga penampilan selalu rapi, mempraktekan kepada siswa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Referensi

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2015
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006
Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global, Jakarta: PT. Grasindo 2007
Azra, Azyumardi, Paradikma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2002
Darmadi, Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deeppublish, 2017
Darojat, Much. Hasan, “Karakter Guru dan Murid Dalam Pendidikan Islam: Konsep Pendidikan Islam dan Pandangan Ibn Jama’ah” Dalam Jurnal Edukasiana, Vol. 6 No. 3, Oktober 2015
Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002
Mujid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Kurniawan, Wisnu Aditya, Budaya Tertib Siswa Di Sekolah, Penguatan Pendidikan Karakter Siswa, Jawa Barat: CV. Jejeak, 2018
Jihad, Suyanto Dan Asep, Menjadi Guru Profesional: Tstrategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global, Erlanga, 2013.
Diterbitkan
2023-02-28
##submission.howToCite##
MUKHLISIN. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mubarok Pajo. AL-FURQAN, v. 11, n. 2, p. 54-62, 28 Feb 2023.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##