PENERAPAN METODE PEMBELAJAR7AN BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PRINGGASELA KABUATEN LOMBOK TIMUR

PENERAPAN METODE PEMBELAJAR7AN BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PRINGGASELA KABUATEN LOMBOK TIMUR

  • rulyandi rulyandi IAIH NW Lombok Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan  metode pembelajaran  berbasis IT dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di SMPN 2 Pringgasela, (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan  metode pembelajaran  berbasis IT  dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di SMPN 2 Pringgasela (3) Dampak penerapan  metode pembelajaran  berbasis IT terhadap hasil belajar bahasa sastra Indonesia di SMPN 2 Pringgasela. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan  metode pembelajaran berbasis IT dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan dengan perencanaan yang lengkap. Guru menyiapkan kurikulum seperti Silabus, Rencana Pelajaran (RPP), instrumen penilaian, materi, Media, LCD, dan juga laptop. (2) Faktor pendukung penerapan  metode pembelajaran  berbasis IT  dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia berasal dari kelengkapan sarana dan prasarana, kompetensi guru dalam menggunakan dan mengelola kelas, pemahaman siswa yang baik, dan ketersediaan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan adalah kekurangan dana dan LCD. (3) penerapan  metode pembelajaran  berbasis IT memiliki dampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan motivasi, antusiasme, dan juga pemahaman siswa.

References

Algozinne, Bob. 2007. “Beginning Teachers' Perceptions of Their Induction Program Experiences”. Journal International.
Chen, N.-S., & Wang, Y. 2008. "Testing Principles of Language Learning in a Cyber Face-to-Face Environment". Educational Technology & Society, 11 (3), 97-113.
Corson. 2008. Learning in a Language Other Than Mother Tongue in IB Programmes. Peterson House, Malthouse Avenue, Cardiff Gate.
Constantinescu GM. 2007. Anatomy of reproductive organs. Di dalam: Schatten H, Constantinescu GM, editor. Comparative Reproductive Biology. Ames: Blackwell Publishing. hlm 13-59.
Husamettin Akcay, Aslı Durmaz, Cengiz Tuysuz, Burak Feyzioglu. 2006. “Effects of computer based learning on students’ attitudes and Achievements towards analytical chemistry”. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol 5 NO1. Pg: 44-48
Mayer, Richard E. 2012. Cognitive Theory of Multimedia Learning. California: University of California.
Miles, Mattew B dan Amichael Huberman.2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru.Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Syaodih, Nana dan Ibrahim, R. 2003. Perencanaan Pengajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran. Salatiga: STAIN SALATIGA PRESS
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sidhu & S. Ramesh. 2005. Multimedia Learning Packages:Design Issues and Implementation Problems. Malaysian Online Journal of Instructional Technology (MOJIT). Vol. 3, No.1, pp 43-56
Published
2020-04-03
How to Cite
rulyandi, rulyandi. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJAR7AN BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PRINGGASELA KABUATEN LOMBOK TIMUR: PENERAPAN METODE PEMBELAJAR7AN BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SASTRA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 PRINGGASELA KABUATEN LOMBOK TIMUR. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(2), 66-73. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3822
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.