PENDIDIK DAN PROBLEM KELAS PADA JAM-JAM TERKHIR

  • Muh Zulkifli IAI Hamzanwadi NW LOTIM

Abstract

Pendidik adalah orang yang digugu dan ditiru, dalam proses pengajaran guru harus menyadiri perannya, antara lain: sebagai Demonstrator, evaluator, Mediator, fasilitator dan pembimbing. Pendidik dalam mengelola kelas, tentunya menemukan berbagai kondisi pisologis dan psikologis pesertadidik yang berbeda-beda, sehingga barangtentu akan timbul beraneka ragam problem yang akan ditemukan, secara khusus yang paling banyak kita temukan pada waktu pendidik mendapatkan kelas pada jam-jam terakhir. Adapun bentuk-bentuk problem kelas pada jam-jam terakhir antara lain: Kurangnya minat dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, Peserta didik sulit menerima dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik, dan Peserta didik cenderung banyak yang mengalami rasa ngantuk bahkan tertidurpun ada. Adapun upaya pendidik dalam menyikapi kondisi siswa pada jam-jam terakhir adalah sebagai berikut: Pendidik harus memahami pengelolaan kelas, menyelipkan cerita ditengah dan akhir pembelajaran, memberikan teguran kepada siswa yang bersangkutan, mencari tahu maslah yang dialami siswa, selalu mengingatkan siswa untuk melakukan kedisiplinan, dan lain sebagainya.

References

Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Djabidi, Faizal. 2016. Manajemen Pengelolaan Kelas: Upaya Peningkatan Strategi dan Kualitas dalam Pembelajaran. Malang: Madani.

Mulyadi. 2009. Classroom Management .Malang: UIN Malang Press.

Ramayulis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohmad, Muhammad Ali. 2015. Pengelolaan kelas Bekal Calon Guru Berkelas .Yogyakarta: Kaukaba.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Undang-Undang SISDIKNAS 2003 UU RI no 20 tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 point 5 dan 6.
Published
2020-10-16
How to Cite
Zulkifli, M. (2020). PENDIDIK DAN PROBLEM KELAS PADA JAM-JAM TERKHIR. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 01-09. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3965

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.