PENILAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI ASPEK AFEKTIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

  • Muhammad Iqba Nashrullah Magister PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Salah satu prinsip dasar yang harus diperhatikan dan dipatuhi dalam rangka penilaian hasil belajar adalah prinsip keseluruhan, yaitu prnsip dimana seorang evaluator dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar dituntut untuk mengevaluasi secara menyeluruh kompetensi yang ada pada peserta didik terutama dalam aspek afektif atau sikap. Pada tulisan ini merangkum terrkait dengan penilaian pada aspek sikap yang meliputi: kompetensi kemampuan siswa pada ranah afektif adalah perilaku perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, cara penyesuaian diri, moral, nilai nilai budaya, dan keagamaan. Didalam penilaian hasil belajar pada ranah afektif yang menjadi sasaran tujuan penilaian adalah perilaku anak didik. ada lima domain yang menjadi karakteristik ranah afektif diantaranya adalah sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral. Dan kusus untuk penerapan pada kurikulum 2013 aspek afektif atau sikap terbagi menjadi dua yaitu sikap spiritual dan sosial. ada beberapa tahapan atau tingkatan yang harus ditempuh peserta didik untuk mencapai keberhasilanya, yaitu: Penerimaan atau receiving, Partisipasi atau responding, Penilaian atau penentuan sikap, Organisasi/ Organization, Pembentukan pola hidup atau characterization by a value or value complexs. Pengembangan instrument penilaian sikap yang dikelompokan menjadi tiga tahapan antara lain: tahap perencanaan, tahap menilai instrument dan tahap pelaksanaan penilaian.

References

Sudaryono. 2012. Dasar dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha llmu.
Sukardi, M. 2008. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. 2012. Pengembangan sistem evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.
Zuhriyah, Indah aminatus. 2007. Evaluasi Pembelajaran. Malang: Kantor jaminan mutu.
Published
2020-04-12
How to Cite
Nashrullah, M. I. (2020). PENILAIAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI ASPEK AFEKTIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(2), 144-156. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3972
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.