PENGEMBANGAN TEKNIK DAN INSTRUMEN ASESMEN RANAH SIKAP PADA JENJANG DIKDASMEN
Abstract
Tidak sedikit guru yang beranggapan bahwa capaian ranah sikap (afektif) peserta didik dilihat dari akhlak atau sopan santun kepada guru. Dan tidak banyak pula fungsi penilaian sikap (afektif) semata hanya sebagai bahan pengisian rapor. Tulisan ini menjelaskan tentag teknik dan intrumen apa saja yang dapat mengukur hasil belajar sikap (afektif). Dalam penilian sikap guru dapat menggunakan teknik proyektif, observasi, penilaian antar teman, penilaian diri, wawancara, angket, dan catatan anekdotal.References
Endrayanto, Herman Yosep Sanu, and Yustiana Wahyu Harumurti. Penilaian Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
Fatmawati, Azizah, Azhari SN, and Nisa RNA. Pengembangan Aplikasi Tes Kepribadian Berbasis Intelligent Agent Menggunakan Metode Summary. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems) 10, no. 2 (2016): 173. https://doi.org/10.22146/ijccs.17521.
Hidayad, Arif, Masrukan, and Kartono. Instrumen Asesmen Sikap Siswa Berbasis Konservasi Pada Pembelajaran. Journal of Educational Research and Evaluation 6, no. 1 (2017): 3038.
Imtihan, Nurul, Darmayati Zuchdi, and Edi Istiyono. Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah. Schemata 6 (2017): 6380.
Kemendikbud. Salinan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, no. Standar Penilaian Pendidikan (2016): 112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030.
Kusumawati, T R I. Pengembangan Instrumen Penilaian (Developing Affective Assessment Instrument of Aqidah Ahlak). Jurnal SMaRT 01, no. 01 (2015): 11123.
Rasyid, Harun, and Mansur. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima, 2019.
Rosidin, Undang. Penilaian Otentik. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Sukiman. Sistem Penilaian Pembelajaran. 1st ed. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.
Wahyuni, Gantina Komalasari dan Eka. Asesmen Teknik Non Tes Dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks, 2018.
Fatmawati, Azizah, Azhari SN, and Nisa RNA. Pengembangan Aplikasi Tes Kepribadian Berbasis Intelligent Agent Menggunakan Metode Summary. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems) 10, no. 2 (2016): 173. https://doi.org/10.22146/ijccs.17521.
Hidayad, Arif, Masrukan, and Kartono. Instrumen Asesmen Sikap Siswa Berbasis Konservasi Pada Pembelajaran. Journal of Educational Research and Evaluation 6, no. 1 (2017): 3038.
Imtihan, Nurul, Darmayati Zuchdi, and Edi Istiyono. Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah. Schemata 6 (2017): 6380.
Kemendikbud. Salinan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, no. Standar Penilaian Pendidikan (2016): 112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030.
Kusumawati, T R I. Pengembangan Instrumen Penilaian (Developing Affective Assessment Instrument of Aqidah Ahlak). Jurnal SMaRT 01, no. 01 (2015): 11123.
Rasyid, Harun, and Mansur. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima, 2019.
Rosidin, Undang. Penilaian Otentik. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Sukiman. Sistem Penilaian Pembelajaran. 1st ed. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.
Wahyuni, Gantina Komalasari dan Eka. Asesmen Teknik Non Tes Dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks, 2018.
Published
2020-09-16
How to Cite
Adzim, F. (2020). PENGEMBANGAN TEKNIK DAN INSTRUMEN ASESMEN RANAH SIKAP PADA JENJANG DIKDASMEN. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 127-144. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3974
Section
Articles
Copyright (c) 2020 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.