KEBERHASILAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SECARA TERINTEGRASI MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN

  • Ratna sari UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 ditentukan oleh warga satuan pendidikan, namun sosok yang utama dalam pelaksanaan kurikulum itu adalah guru. Masalah yang terlihat di lapangan, orang dewasa semakin banyak yang sikapnya menyimpang dari nilai-nilai, budaya, moral, dan agama. Sehingga mereka perlu kehadiran guru yang profesional dan memahami serta menguasai kecakapan abad 21 dalam mewujudkan peserta didik yang cerdas, tangguh, mandiri, dan mampu bersaing dengan bangsa lain dengan tetap menujunjung tinggi budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif berupa fenomena yang terjadi di lapangan. Kurikulum yang terintegrasi melalui mata pelajaran Agama Islam dapat dikatakan sebuah pendekatan disiplin ilmu untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik, dengan demikian diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nila-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. 

References

Erlina Wijayanti, Implementasi pendidikan karakter kurikulum 2013 di SMA Batik 1 Surakarta, Jurnal pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 28, No. 1, 2018.
Eva Marlina, kurikulum 2013 yang berkarakter, Juplis Volume 5, Nomor 2.
Fatchul Mu’in. 2016. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Cet. V; Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Irfan, Muhammad Fadholi. (Pendidik) Wawancara Pada Tanggal 03 Desember 2019.
Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Cet. 12; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2006. Asas-asas Kurikulum. Cet. VII; Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agus. 2013. Manajeman Pendidikan Karakter di Sekolah. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-09-16
How to Cite
sari, R. (2020). KEBERHASILAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SECARA TERINTEGRASI MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 145-153. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3976

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.