CARA KERJA APLIKASI SEVIMA EDLINK SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

  • Rifatul Maula Mahasiswa UIN Jakarta

Abstract

Virus Covid-19 sejak akhir Februari 2020 masuk ke Indonesia. Pemerintah memberi himbauan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk kegiatan pembelajaran. Hal tersebut, kemudian berdampak besar terhadap proses pembelajaran. Lembaga pendidikan berlomba-lomba mencari media pembelajaran yang efektif di tengah merebaknya virus corona agar tercapainya tujuan pendidikan secara maksimal. Maka, hal ini menjadi tugas bagi guru atau dosen untuk selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Ada salah satu media pembelajaran berbasis aplikasi yang belum banyak terdengar untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di tengah masa pandemi, yaitu aplikasi Sevima Edlink. Sevima Edlink merupakan media pembelajaran yang dicetuskan oleh PT Sentra Vidya Utama. Pemahaman cara kerja aplikasi Sevima Edlink sangat perlu diketahui untuk memudahkan peserta didik dan guru dalam pembalajaran daring di masa pandemi, karena Sevima Edlink merupakan satu aplikasi yang sudah memuat beragam fitur.

References

Sumirharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah, 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi
Muhamaad Ramli, 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antarsari Pres
KH. Lalu Gede M. Z. A “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Alhikmah Volume. 1 Nomor. 1 Tahun. 2020
Asih dkk, “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Pembelajaran E- Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink” jurnal JP3 Volume. 15 Np. 33 Agustus 2020
Carolin Dwija Novandini, “Pemanfaatan Kelas Virtual Sevima Edlink Untuk Memotivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Matakuliah Aljabar & Trigonometri” dalam Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Published
2022-12-22
How to Cite
Maula, R. (2022). CARA KERJA APLIKASI SEVIMA EDLINK SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(4), 108-115. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v1i4.4002

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.