PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X SMA PLUS NURUL MUBIN NW IWAN BONGKOT
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas X SMA Plus Nurul Mubin NW Iwan Bongkot . Metode yang di gunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data kualitatif, di lakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, sudah dapat terlaksana dengan baik dan efektif. Hal ini dapat di lihat dari pemahaman dan kemampuan siswa dalam memahami arti iman kepada Allahsehingga hasil belajar siswa semakin meningkat.References
Annurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ansori, Hasaniyah. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta Timur: Yudisthira.
Any, J.I. 2001. PemanfaatanSumber-SumberBelajarDalam Proses Pembeajaran di SMP 2 LabapisuKabupatenTegal (Doctoral Dissertation). Universitas Negeri Semarang.
Hamzah. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: AsdiMahasatya.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT: Raja GrapindoPersada.
Jamarah. 2005. Guru dan Anak DidikDalamInteraksiEdukatif. Jakarta: AsdiMahasatya.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remajan Rosdakarya.
Prasetya, Ahmadi.2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar).Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya. 2016. Strategi PembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media.
Sardiman. 2010. Interaksi dan MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2015. Cooprative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surya, Muhammad. 2004. PsikologiPembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.
Suyono, Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2006. PsikologiPembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT: Raja GrapindoPersada.
Wiyani. 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Zogara, Arifin. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Ansori, Hasaniyah. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta Timur: Yudisthira.
Any, J.I. 2001. PemanfaatanSumber-SumberBelajarDalam Proses Pembeajaran di SMP 2 LabapisuKabupatenTegal (Doctoral Dissertation). Universitas Negeri Semarang.
Hamzah. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: AsdiMahasatya.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT: Raja GrapindoPersada.
Jamarah. 2005. Guru dan Anak DidikDalamInteraksiEdukatif. Jakarta: AsdiMahasatya.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remajan Rosdakarya.
Prasetya, Ahmadi.2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar).Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya. 2016. Strategi PembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media.
Sardiman. 2010. Interaksi dan MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2015. Cooprative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surya, Muhammad. 2004. PsikologiPembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.
Suyono, Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2006. PsikologiPembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT: Raja GrapindoPersada.
Wiyani. 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Zogara, Arifin. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Published
2020-09-16
How to Cite
komaruddin, M. Ikhwanul Hakim, & Muzakkir Walad. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X SMA PLUS NURUL MUBIN NW IWAN BONGKOT. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 96-114. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/4310
Section
Articles
Copyright (c) 2020 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.