PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KECERDASAN DAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 3 KOTA MAKASSAR

  • Hj. Rosmini Syam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar
  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar
  • Sampara Palili Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar
Keywords: Kompetensi Guru, Kecerdasan, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh kompetensi guru terhadap kecerdasan peserta didik, pengaruh kompetensi guru terhadap karakter peserta didik, dan pengaruh kompetensi guru terhadap kecerdasan dan karakter peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Makassar dengan menggunakan sampel sebanyak 196 peserta didik. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan perolehan rata-rata setiap variabel , statistik inferensial untuk menguji hipotesis dan uji asumsi klasik untuk menguji normalitas data setiap variabel Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan 0,000 < 0,05 terhadap kecerdasan peserta didik dengan perolehan nilai  thit 4,421 > t tabel 1,653. dan nilai Fhit 19,543 > F tabel 3,89. Dengan interpretasi bahwa guru memiliki kompetensi secara personal maupun profesional dan mampu mengkorelasikan dengan tingkat kecerdasan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 3 Kota Makassar. (2) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan 0,000 < 0,05 terhadap karakter peserta didik dengan perolehan nilai thit 4,013 > t tabel 1,653. dan nilai Fhit 16,104 > F tabel 3,89. Dengan interpretasi bahwa guru memiliki kompetensi membekali peserta didik dengan pendidikan karakter agar mempunyai kemampuan dan keterampilan hidup yang dibutuhkan pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 3 Kota Makassar. (3) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan 0,000 < 0,05 terhadap kecerdasan dan karakter peserta didik dengan perolehan nilai Fhit 14,969 > F tabel 3,89. Dengan interpretasi Kompetensi Guru yang mencakup kompetensi kepribadian, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yaitu kemampuan seorang guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan bertanggung jawab yang harus ada dalam diri agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif berpengaruh terhadap kecerdasan peserta didik yang meliputi 1)kecerdasan intelektual, 2) kecerdasan emosional, 3) kecerdasan spiritual dan karakter peserta didik yang meliputi: 1) santun, 2) tanggung jawab, 3) kerja sama, 4) percaya diri, 5) toleransi. pada  MAN 3 Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru  memberikan kontribusi terhadap karakter peserta didik.

References

Al-Qur’an Departemen Agama RI. Al-Qur'anul Karim dan Terjemahannya, Penerbit: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Edisi Penyempurnaan 2019.
Alang, M. S. Kecerdasan Guru Profesional: Intelektual, Emosional, dan
Spiritual. Nine Stars Educations: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 9-
20, 2020.
Ainamulyana, Pengertian, ciri-ciri, dan jenis-jenis Kecerdasan Emosional,
https://ainamulyana.blogspot.com/2015/04/pengertian-ciri-dan-jenis-kecerdasan, Diakses pada tanggal 2 Januari 2023.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta: Penerbit Arga, 2008.
Bariyyah, K & Latifah, L. Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas, Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (2). 68-75, 2019.
Darsono, Manajemen Sumber Daya Manusia Abad Ke 21. Kompetensi Guru yang unggul sebagai solusi pembelajaran abad 21, Jakarta: Nusantara Consulting, 2011.
Haryanto, Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara, Artikel: Kurikulum dan Tekhnologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
I Komang Sukendra & I Kadek Surya Atmaja, Instrumen Penelitian, Mahameru Press, Agustus 2020.
Jaudi, “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual
(IESQ) Dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya; Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah tahun 2012.
Mubasyaroh, Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik (Studi di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2023.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekender), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2019.
Pradana, Debi. Membangun Karakter Guru yang kuat dan cerdas, artikel, 2020.
Rahmah, Ismiyatul, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru,” Tesis, Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.
Rumodar, Irma, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Persiapan Lalan Matlean Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur,” Jurusan Pendidikan Biologi, Tesis, Ambon: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon, 2020.
Rubini, Rubin. Efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, ISSN: 1412-1271 (p); 2579-4248 (e). Vol. 21. No. 1. (2021). pp. 83-98 doi: 10.21831/hum.v21i1.32303. 83-98.
Semmaila, Baharuddin. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Makassar: Arus Timur, 2017.
Sulis Setyawati, S.Pd., M.Pd., Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013, artikel, 2018.
Sutriyono, Empat Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru profesional, artikel 2020.
Wahyuni, Alifiah Kontribusi Pendidikan Islam dalam menumbuhkan Kecerdasan Emosional, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 4 No 2, 2021.
Yufi Cantika Sukma Ilahiah, kecerdasan intelektual, pengertian, tanda dan pentingnya. https://www.gramedia.com/best-seller/kecerdasan-intelektual/ Diakses pada tanggal 7 Januari 2023.
Yusuf, Muhammad. “Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara,” Artikel, 23 Desember 2022.
Yufi Cantika Sukma Ilahiah, Kecerdasan Intelektual, Pengertian dan Tanda Pentingnya. https://www.gramedia.com/best-seller/kecerdasan-intelektual/, 2022.
Zulfiah, “Pengaruh Kecerdasan Intelektuan dan Kecerdasan Emosional terhadap Kompetensi dan Profesionalisme guru,”Tesis, Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, 2020.
Published
2023-09-14
How to Cite
Hj. Rosmini Syam, Muhammad Yusuf, & Sampara Palili. (2023). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KECERDASAN DAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 3 KOTA MAKASSAR. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 4(3), 1-18. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/4764

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.