PENGARUH MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan) dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTS Nurul Yaqin Praya tahun ajaran 2021/2022. metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu jenis metode dengan penyebaran Angket kepada responnden. PAKEM merupakan singkatan dari pembelajaran aktik reatif efektif dan menyenangkan. PAKEM merupakan model pembelajaran yang menarik bagi siswa. Disebut demikian karena pembelajaran dirancang mengaktifkan siswa, mengembangkan kreatifitas sehingga efektif namun menyenangkan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTS Nurul Yaqin Praya Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan obsevasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan model PAKEM dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTS Nurul Yaqin 2) Kelebihan pembelajaran model PAKEM adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih mandiri dalam belajar, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih kepercayaan diri siswa. Pengujian hipotesis ini dilakukan untuk melakukan pembuktian hipotesis yang didasarkan pada penelitian yang sudah ada. Pengujian ini meliputi uji t. Diketahui nilai Sig. untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,645 > t tabel 2,014. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap YReferences
Arikunto Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad Azhar, 2010Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: pustaka pelajar
Darsono Max Darsono, , 2000. Belajar Dan Pembelajaran Semarang : IKIP Semarang Press
Pemerintah RI, UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sugiono. 2014. Metodelogi Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: PT Alfabeta
Suparlan. 2006. Dasim Budimansyah, PAKEM Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif,Dan Menyenangkan Bandung: Pustaka
Syaifuddin, M. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah Jakarta :Balai Pustaka
Arsyad Azhar, 2010Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: pustaka pelajar
Darsono Max Darsono, , 2000. Belajar Dan Pembelajaran Semarang : IKIP Semarang Press
Pemerintah RI, UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sugiono. 2014. Metodelogi Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: PT Alfabeta
Suparlan. 2006. Dasim Budimansyah, PAKEM Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif,Dan Menyenangkan Bandung: Pustaka
Syaifuddin, M. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah Jakarta :Balai Pustaka
Published
2022-03-04
How to Cite
Devina Murni Astuti. (2022). PENGARUH MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN ) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB . Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(4), 74-91. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i4.4819
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.