MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KELAS DI SMPN 2 LUNYUK KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Kempampuan Guru, Model Pembelajaran, Supervisi
Abstract
Model pembelajaran dapat diartikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pengajaran dan para guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktifitas belajar mengajar. Sebagai pendidik, penulis melihat pembelajaran menjadi kurang efektif karena hanya cenderung mengedepankan aspek intelektual dan mengesampingkan aspek pembentukan karakter. Hal ini tentu suatu hambatan bagi guru. Namun penulis ingin mengubah hambatan tersebut menjadi sebuah kekuatan dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I.References
Ahmad Sudarajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah
Iim Waliman, dkk. (2001). Supervisi Kelas (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Piet, A. Sahertian. Frans Mataheru, Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan, (Surabaya, Usaha Nasional, 1981
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Udin S. Winataputra, dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah
Iim Waliman, dkk. (2001). Supervisi Kelas (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Piet, A. Sahertian. Frans Mataheru, Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan, (Surabaya, Usaha Nasional, 1981
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Udin S. Winataputra, dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2022-06-30
How to Cite
Nurdin. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KELAS DI SMPN 2 LUNYUK KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 59-67. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5062
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.