MENINGKATKAN KEGAIRAHAN BELAJAR SISWA SDN 2 KALIJAGA SELATAN KECAMATAN AIKMEL TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Meningkatkan, Kegairahan Belajar & Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan atau permasalahan yang diperoleh dari hasil pengamatan awal yaitu: 1. Untuk mengetahui sejauhmana tingkat kegairahan belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Nomor 2 Kalijaga Selatan Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022, 2. Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh strategi bimbingan belajar siswa terhadap peningkatan kegairahan belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Nomor 2 Kalijaga Selatan Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). “Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu cara yang sangat strategis bagi guru untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan pendidikan bagi guru dalam konteks pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penerapan pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Bahwa startegi pembelajaran yang variatif dan inovatif dapat mempengaruhi kegairahan belajar siswa SDN 2 Kalijaga Selatan Kecamatan Aikmel Tahun Pembelajaran 2021/2022. 2. Bahwa hasil peningkatan perkembangan kegairahan belajar siswa dalam megikuti pelajaran termasuk katagori cukup baik.References
Depdikbud, (1998), Metodik Khusus Program Pembentukan Perilaku Di Taman Kanak-Kanak, Penerbit Dirjen Dikdasmen Jakarta
Depdikbud, (1999) Penelitian Tindakan (Action Research), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta
Elizabeth B. Hurlock, (1993), Perkembangan Anak, Penerbit erlangga Jakarta.
Engko Mulyasa. Dr, 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung
Miftah Thoha, (2001) Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Penerbit PT raja Grafika Persada jakarta.
Roestiyah NK, (2001), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta.
Sukardi Dewa Ketut, (2000) Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta
Sumadi Suryabrata (1984), Psikologi Pendidikan, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta
Syaiful Bahri Jamarah, Aswin Zain, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Nomor 20 Tahun 2003
Depdikbud, (1999) Penelitian Tindakan (Action Research), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta
Elizabeth B. Hurlock, (1993), Perkembangan Anak, Penerbit erlangga Jakarta.
Engko Mulyasa. Dr, 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung
Miftah Thoha, (2001) Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Penerbit PT raja Grafika Persada jakarta.
Roestiyah NK, (2001), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta.
Sukardi Dewa Ketut, (2000) Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta
Sumadi Suryabrata (1984), Psikologi Pendidikan, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta
Syaiful Bahri Jamarah, Aswin Zain, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit PT Rineka Cipta Jakarta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Nomor 20 Tahun 2003
Published
2022-06-30
How to Cite
Dinah. (2022). MENINGKATKAN KEGAIRAHAN BELAJAR SISWA SDN 2 KALIJAGA SELATAN KECAMATAN AIKMEL TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 113-123. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5066
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.