PENGARUH PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS. NURUL YAQIN PRAYA

  • M. Taufiq Akbar Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Fatimatuzzahro Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords: PAKEM, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang berkepanjangan dan menutup berbagai sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah tinggi. Sehingga diperlukan adanya terobasan terbaru dalam metode pembelajaran yang dapat meninkatkan motviasi siswa untuk Kembali belajar. Seperti halnya pada siswa MTs. Nurul Yaqin Praya yang sudah lama meninggalkan sekolah. Diharapkan dengan metode yang tepat dapat meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Salah satu metode yang di anggap tepat oleh peneliti adalah metode PAKEM. PAKEM adalah singkatan dari Pembelajar Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti pengaruh penggunaan metode PAKEM terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, desainnya adalah “pre-test dan post-test one group designâ€. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan metode PAKEM yang dilaksanakan pada siswa MTs. Nurul Yaqin Praya

References

Abubakar Ahmad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Pakem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kisah Nabi Ibrahim. A.S. Dan Nabi Ismail A.S. di Kelas IV SD Negeri 5 Sandik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1 (3), 114-120.

Haddar, A. G. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan ( PAKEM ) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Lazuardi Global Islamic School, Depok. Jurnal Pendas Mahakam, 1 (2), 144-164.

Handayani, S. E. & Subakti Hani. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 151- 164.

Inawati & Darningwati. 2020. Kemampuan Mahasiswa Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Teknik Skimming. Jurnal Bindo Sastra 4 (1), 69- 76.

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 SMA Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal:, Journal Of Education Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Kaban, H. R., dkk 2021. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 102-109.

Laksmi, A. M. P. N., dkk, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV. Jurnal Adat dan Budaya, 2 (1), 20-31

Mulyono. 2018. Berprestasi melalui JPF ayo kumpulkan angka kreditmu. Yogyakarta: Budi Utama

Santika. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Pulau Kopung Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 306-312.

Yrama. Asri, S. A. 2017. Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Bahasa, 3 (1), 70-82.
Published
2021-06-30
How to Cite
M. Taufiq Akbar, & Fatimatuzzahro. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS. NURUL YAQIN PRAYA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(2), 6-10. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i2.5279
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.