PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM SISWA MTS MUALLIMIN NW ANJANI

  • Lalu Nasaruddin Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
Kata Kunci: Metode Diskusi, Maharatul Kalam

Abstrak

Permalasalahan yang dihadapi siswa Siswa Mts Muallimin NW Anjani dalam pembelajaran Bahasa Arab, maharoh kalam adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam proses belajar guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, metode yang digunakan guru ini sifatnya masih konvensional yakni berpusat pada guru saja sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Dilihat dari keadaan diatas maka dapat diketahui bahwa metode yang digunakan masih kurang baik sehingga aktifitas guru masih lebih banyak dari siswanya, rumusan masalah dari penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan metode diskusi untuk meningkatkan mahÄrah Kalam Siswa Mts Muallimin NW Anjani? Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang merupakan penelitian kualitatif, sumber data dari penelitian ini adalah sumber dara primer yaitu peserta didik dan sumber data sekunder yang berupa observasi, soal pretest dan post test dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan prosentase dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pratindakan sampai dengan siklus II. Peningkatan kemampuan membaca bahasa Arab dengan metode diskusi terarah, dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan, sebesar 71,86. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I, sebesar 74,46. Hal tersebut berarti nilai rata-rata dari pratindakan ke siklus I, mengalami peningkatan 3,46%. Nilai rata-rata siklus II, sebesar 80,39 berarti mengalami peningkatan sebesar 7,96% dari hasil siklus I. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode diskusi kelompok terarah efektif dalam upaya untuk meningkatkan mahÄrah Kalam bagi peserta didik.

Referensi

Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misyterhadap kat 2009).
Fredina Fransiska dan Zaim Elmubarok, Efektivitas metode Reaading Guide terhadap Ketrampilan Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak”, Journal of Arabic learning and Teaching, Vol. 4, No. 10 (2015)
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Alfabeta, 2004).
Diterbitkan
2022-03-31
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##