PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI SYIFAUNNUFUS NW SAMBIK ELEN

  • M. Taufik Akbar Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Lalu Nasruddin Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Muhammad Ilham Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords: Lingkungan Pendidikan, Minat Belajar Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian kuantitatif non eksperimen dengan deskriptif korelasional Rancangan penelitian diujicobakan pada beberapa kelas eksperimen dengan menggunakan instrumen penilaian berupa pemberian angket sebanyak 20 pertanyaan untuk mengetahui pengaruh pendidikan lingkungan terhadap minat belajar siswa. Populasi yang digunakan adalah 412 dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan korelasi antara variabel X dan Y melalui aplikasi SPSS 25 yaitu. Berdasarkan Hasil analisis deskriptif menemukan bahwa lingkungan pendidikan dalam keadaan baik kategori baik 46,9%, dan hasil minat belajar kategori baik 43,3%. lingkungan pendidikan berhubungan secara signifikan dan positif, ditunjukkan karena nilai signifikansi adalah 0,02 < 0,05, maka dikorelasikan dan nilai korelasi Pearson adalah 0,319 > 0,213 r tabel sehingga berdasarkan nilai korelasi lebih besar dari r tabel maka terdapat hubungan antara variabel lingkungan pendidikan dengan minat Belajar Bahasa Arab Santri Syifaunnufus NW Sambik Elen.

References

Andriana. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MA Wasilatil Falah Rangkasbitung. Jakarta.

Muhammadin. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa, 2015.

Pratiwi. (2018). Korelasi antara Lingkungan Pendidikan dan Minta Belajar Siswa. Singaraja: Universitas Ganesha, 2018 Hlm 348.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, Hlm. 526, dari https://www.worldcat.org/title/kamus-besar-bahasa indonesia/oclc/232450350.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, jakarta. Hlm. 413, dari https://www.worldcat.org/title/kamus-besar-bahasa-indonesia/oclc/232450350.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (1989). Kamus Bahasa Indonesia, jakarta. op. cit, Hlm. 583 dari https://www.worldcat.org/title/kamus-besar-bahasa indonesia/oclc/232450350.

Djamarah. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. ISBN 978-979-518-852-0. dari Online public catalog.

Indah Komsiyah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta, Teras. hlm. 3.

Kadir Abdul. (2012) Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012, dari https://docplayer.info/36645813- Bab-i-pendahuluan-prenada-media-group-2012-hlm-abdul-kadir-dkk-dasar-dasar-pendidikan-jakartakencana.html.

Kadir Abdul, dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012, dari https://docplayer.info/36645 813-Bab-i-pendahuluan-prenada-media-group-2012-hlm-abdul-kadir-dkk-dasar-dasar-pendidikan-jakartakencana.html.
Published
2022-03-31
How to Cite
M. Taufik Akbar, Lalu Nasruddin, & Muhammad Ilham. (2022). PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI SYIFAUNNUFUS NW SAMBIK ELEN. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(1), 6-10. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i1.5300

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.