STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA MTS. HJ. HANIAH KABUPATEN MAROS

  • Munirah Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Maros
  • Mardiana Haris Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Maros
Kata Kunci: Strategi Guru, Baca tulis al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini berjudul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa MTs. Hj. Haniah Kabupaten Maros. Untuk Mendeskripsikan dan mengkaji strategi guru, dilakukan penelitian dengan memfokuskan pada masalah Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca-Tulis al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan dengan jelas strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an, 2) untuk mengetahui dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an, dan 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an. Penelitian ini berlokasi di MTs. Hj. Haniah Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, pendekatannya adalah pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada MTs. Hj. Haniah Kabupaten Maros berjalan dengan baik, karena mengambil skala prioritas diluar jam reguler. Pembelajaran diawali dengan pendeteksian kemampuan peserta didik, merancang program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan penilaian hasil belajar, dan mengembangkan potensi peserta didik, 2) Kegiatan baca tulis al-Qur’an sangat optimal, karena adanya dukungan dari berbagai pihak, baik kepala madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, pembina kegiatan ekstrakurikuler, dan peserta didik itu sendiri. Implikasi dari kegiatan tersebut diharapkan: 1) Bagi setiap guru Pendidikan Agama Islam memahami bahwa strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an dapat ditinjau dari berbagai aspek, dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan metodologis dunia pendidikan yang semakin variatif. 2)  Metode tutor sebaya perlu dikembangkan.

Referensi

Ali Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar ,Cet. XII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Apriyanti Isna dkk, Jurnal Pendidikan Islam, Vo.II No.I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Medan Sumatra Utara, 2017.

Arikunto Suhartini. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
.
Darmalaksana,W. Artikel “Cara Menulis Proposal Penelitian”. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung : 2020.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT. Toha Putra, 2006.

Direktorat Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan; Jakarta: 2007.

Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam untuk SMA;Jakarta: 1999/2000.

Getteng H. Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika Cet. II, Yogyakarta: Graha Guru, 2009.

Herlina, Penelitian Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2017.

Komariah Aan dan Sitori Djam’an. Metodologi Penelitian Kualitatif , Cet.III; Bandung: Alfabeta, 2011.

Martini Hadari Martini dan Nawawi Hadari. Intrumen Penelitian Bidang Sosial, Pontianak: Gajah Mada University Press, 2006.

Meloeng Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif , Bandung: Rosda Karya, 2011.

Al-Munawwar Husin Agil Said. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam SistemPendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: PT. Ciputat Press, 2005.

Ningrum.Puspita Ayu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara , “Mengenal Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”, Medan: 2017

Shiddiq Hasbi. Jurnal Kependidikan “Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Motivasi Tadarrus Al-Qur’an, STAIN Sorong : Volume 8, Nomor 2, September 2016.

Srijatun. Jurnal Pendidikan Islam UIN Walisongo Semarang “Implementasi Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anank Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal, Semarang : 2017.

Subagyo Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudiono Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014..

Suyanto. Jurnal “ Strategi Cooperative Learning Model Jgsaw Dalam Pembelajaran IPS Kelas IX MTs. Ketapang Pontianak”. Program Magister Teknologi Pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak, 2015.

Winata Adya Koko dkk. Jurnal Pendidikan Islam: Peningkatan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Al-Qur’an melalui guru pendidikan agama Islam, Vol. 6. No. 2 Januari – Juni 2020
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##