PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

  • Eva Kurniawati SMA Negeri 1 Sikur
Kata Kunci: Model Think Pair Shere, Hasil Belajar

Abstrak

Model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar, karena model pembelajaran ini mengkombinasikan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual yang memberikan peluang bagi siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan Think Pair Share berupaya membantu siswa dapat secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang segnifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sikur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain berbentuk One-group pre-test dan post-test, Penelitian dilakukan dengan Observasi dan Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest sebesar 56,31%. Maka, dari hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa tingkat hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sangat rendah, selanjutnya setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 70,52%, ini berarti selisih nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 14,21%. Dan Hasil analisis dengan menggunakan rumus uj-t, dapat diketahui bahwa nilai t-hitung 6,642 dan nilai t-tabel sebesar 0,200 pada taraf signifikan 0,05%. Sehingga diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sikur sebelum dan sesudah diberikan perlakuan

Referensi

Anugrah, Chici, Rahmadhani Fitri, and Ganda Hijrah Selaras. "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA." JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 1.5 (2023): 373-383.

Arifin, Z. (2022). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Evi, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berwudhu Anak Usia Dini Di Tk Islam Harapan Ibu Lima Kaum, Skripsi.

Hernwati, L. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia, Skripsi. Jakarta.

Johar. R. dkk.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Unsyiah.

Jumrah, A. M. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperattif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar”, Diss. Universitas Negeri Makassar.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina, Leny, Ummi Hiras Habisukan, and Devy Arfika. "Pengaruh Penerapan Model Tps (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Biologi Di Mts Negeri 1 Palembang." Bioilmi: Jurnal Pendidikan 3.1 (2017): 25-37.

Naoura, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadaop Hasil Belajar Biologi Kelas X di MA NW NW Boro’ Tumbuh. 1(2).

Nurhaeda, Nurhaeda, A. Tanra Tellu, and Achmad Ramadhan. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA MAN 2 Model Palu." Mitra Sains 4.3 (2016): 40-49.

Rinaldi, Riki Rinaldi. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sel di Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Onang." Jurnal Education and development 5.2 (2018): 24-24.

Sarlina, S. "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII MTS SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA." (2022).

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., (1994). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: UT
Diterbitkan
2022-12-23
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##