KONSEP KURIKULUM TERPADU FULL DAY SCHOOL DAN BERBASIS PESANTREN

Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros

  • R. Ngt. Sri Sumarni PPs STAI Al-Furqan Makkassar
  • Muhammd Tang PPs STAI Al-Furqan Makkassar
  • Ismail PPs STAI Al-Furqan Makkassar
Keywords: Kurikulum Terpadu, Full Day School, Pesantren

Abstract

Upaya SMK Widya Nusantara Maros dalam meningatkan kualitas siswa baik secara intelektual, spiritual dan akhlak yang mulai adalah dengan menerapkan kurikulum terpadu full day school. Jadi, tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan konsep kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros) 2) Untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan proses Imlementasi konsep kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros), 3) Untuk menginterpretasikan hasil implementasi konsep kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros. Jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, aanalisi data, reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu, uji kredibiltas data, uji transfermability data, uji debendability data, uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep  kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros) adalah konsep program sekolah dimana proses belajar mengajar dilaksanakan sehari penuh dimulai dari jam 07.00 sampai jam 16.00. Meskipun dalam kenyataannya, proses belajar mengajar hanya dilakukan sampai pada jam 12.00, dan selebihnya digunakan untuk kegiatan pembinaan karakter siswa termasuk kegiatan ekstrakurikuler. 2) Proses Imlementasi konsep kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros) melalui dua aspek: (a) melalui kegiatan keagamaan, (b) melalui kegiatan ekstrakurikuler. 3) Hasil implementasi konsep kurikulum full day school dan berbasis pesantren (Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros) menunjukkan kemajuan yang efektif pada siswa baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik cukup baik

References

Al-Qur’anul Karim
Aliah, B.Purwakata Hasan, Psikologi Perkembangan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2016
Alimni, DKK, Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Toleransi Di Plus Nur Rahman Kota Bengkulu, Jurnal Pendidikan Edukasi Multikultural, Vol. 3, No. 1, 2021
Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2020.
Azwar, Syaifudin, Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.1998), hlm.8.
Azzahrah Abdullah, Siti. Analisis Sistem Pengelolaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Maros, Journal Of Business And Management, Vol. 5, No. 1, 2022.
Baharuddin.Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media 2019.
Bahran, Implemetasi Kurikulum Terpadu Sistem Full Day School (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Ath’illah Kandangan, Jurnal, Cross Border, 2021.
Bahri, Syamsul. Konsep Pendidikan Karakter Ana Dalam Keluarga Di Era Pasca Pandemi, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 1, 2022.
Basuki, Syukur. Fullday School Harus Proporsional Sesuai jenis dan JenjangSekolah, 2016. Diakses dari http://www.SMKN1Lmj.sch.id, 20 Februari 2019.
Beaushamp, Model Pengembangan Kurikulum, Illinois: The Kagg Press, 1975.
Candra Hermawan, Yudi. DKK, Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Mudarrisuna, Vo. 10, No. 1, 2020.
Creswell, John. W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Saifuddin Zuhri Qudsy (ed), cet.1, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Darling-Hammond, L., & Adamson, F. Beyond the Bubble Test: How Performance Assessments Support 21st Century Learning. Jossey-Bass 2014.
Dian Nafi’, M. dkk, Praksis Pembelajaran Pesantren, (Yogyakarta: Instite for training and development (ITD) Amherst, 2007.
Echols Jhon M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. (Jakarta:Gramedia, 2017.
Fathurahman, Hoiruddin. Pelaksanaan Kurikulum Terpadu D Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT Ibnu Taimiyah Sukajadi Bandung, Jurnal Ilmiah Sosial Dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2020, h, 13.. Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, (cet.I; Sukabumi : CV Jejak, 2017),h.84.
Fitri, Riskal. Syarifuddin Ondeng, Pesantren Indonesia: Pembentukan Karakter, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2022.
Fullan, M. The Principal: Three Keys to Maximizing Impact. Jossey-Bass. 2014
Grahito Wicaksono, Anggit. Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidian Indonesi, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2017.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.
Harold B. Alberty, Reorganizing The High-Schoo; Curiculum, New York: Macmillan, 1965.
Hattie, J. Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge. 2019
Hendro Yuwono, Tristiyo. Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak, Jurnal Pigur, Vol. 1, No, 1, 2017.
Hidayat, dkk. The Hand Book of Education Management, Jakarta: PremadamediaGroup, 2016.
Isnani, Yuni. Kurikulum Terpadu Dalam Sistem Full Day School (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah Gunungpriang Muntilan Kabupaten Magelang), Tesis, UIN: Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Jamal Ma’mur Asmani, dalam Full Day School : Konsep Manajemen dan Quality Control, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.
Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2006.
Kesuma, Dharma, Cepi Triatna dan Johar Permana. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011. 7.172
Khairiyah, Silmi. Implementasi Manajemen Kurikulum Sistem Full Day School Di SMPIT Al-Hijrah 2 Lau Dendang Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang, Tesis, UIN: Sumatera Utara, 2017.
Khotimah, Khusnul. Implementasi Program Full Day School Di Mts Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Tesis, UIN: Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.
Kuswandi Iwan, Full day School dan Sekolah Terpadu, (Online, www. wikipedia.com. 2014), hlm. 3. Diakses 25 Desember 2022.
Louv, R. Last Child in the Woods: Saving Our Children from Nature-Deficit Disorder. Algonquin Books 2018
Maksudin. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Kalijaga Yogyakarta dan Pustaka Pelajar. 2013.
Mardiah, DKK, Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Da Hadits, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 2021, h, 20..
…………,…….(Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Muhammad In’am Esha, Konsep Pengembangan Diri Aristoteles, Jurnal Piskologi Islam Vol. 1, No. 1, 2004.
Nasir, Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2005.
Nasution, Kurikulum Dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
National Association for the Education of Young Children. Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. NAEYC. 2017
Nirva, Diana. Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Lampung (Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis). Jurnal Manajamen Pendidikan. (Online), Volume XII, Nomor 1, 2012. Diakses dari http://www.pps-iainradenintan.ac.id, 18 Desember 2020.
Noor, Rohinah M. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia. 2012.
Novilita, Hairini. Suharnan, Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa, Jurnal Psikologi, Vol. 8, No, 1, 2013.
Novita Dwianti, Inri. DKK, Pengaruh Media Power Point Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7, No. 4, 2021.
Nurkholis, Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, Vol. I, No. 1, 2013.
OECD. The Future of Education and Skills: Education 2030. OECD Publishing. 2018
Pratama, Sandi. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Pembelajaran Full Day School (Studi Fenomenologi Di Sekolah Alam Insan Kamil Kabupaten Goa), Tesis, UIN: Alauddin makassar, 2018.
R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia (Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 2000.
Radiusman, Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1, 2020.
Rasyid, Harun. Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. 1, 2015.
Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami, Yogyakarta: Pustakan Insan Madina, 2010.
Rosmi, Fitria. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Full Day School Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah PGSD, Vol. 4, No. 1, 2020.
Sahlberg, P. Finnish Lessons 2.0: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? Teachers College Press. 2015
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Sanusi, Uci. Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren (Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Al-Istiqlal Cianjur Dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya), Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Nomor 2, Volume 10, 2012.
Sarima, Andi. DKK, Analisis Kebijakan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa, Junal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1, 2019.
Saylor, Alexander, Lewis’s, Curiculum Development Model For Islamic Education In Schools, Tokyo: Holt Saunders, 1981.
Sehudin. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Fullday School terhadap Akhlak Peserta didik. Tesis Jurusan PAI fakultas Tarbiyah IAIN SUNAN AMPEL. Surabaya. (Unpublised) 2005.
Sekaran, Uma. Research Methods For Business: A Skill Building Aproach, New York-USA: John Wiley and Sons, Inc, 2003.
Semiawan, Conny R. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini, Jakarta, PT Prenhaflindo: 2002
Setiawan, Ikhsan. Efektivitas Manajemen Boarding School Dan Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa (Studi Komparasi Di Mts IT Abu Bakar Yogyakarta), Tesis, UIN: Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018.
Setiyani Dan Ida Nurhayati, Penerapan Sistem Pembelajaran Dengan Fun Dan Full day School. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), Vol.2, No.2, 2014. hlm. 231– 244. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id, 15 Desember 2022.
Soenarja, Endang, Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem, Yogyakarta, Adicita Karya Nusa,2000
Subagyo, Manajemen Kurikulum Full Day School Untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Di MI Ma’arif NU 1 Kajongan Purbalinggo, Tesis, IAIN: Nahdlatul Ulama, 2012.
Subana M. dan Sudrajat, Dasar-dasar Penelitihan Ilmiah, bandung: PustakaSetia, 2005.
Sudarwan, Danim Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2001.
Sudjana, Nana. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah, Bandung: Sinar Baru, 1989), h, 42.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta,2009.
Sukatin, DKK, Sistem Manajemen Pendidikan Moderen Dalam Pengembangan Pendidikan Anak, Jurnal Ar-Raniry, 2022.
Surtanti, Tritonegoro. Peserta didik Super Normal dan Pendidikannya, (Jakarta : Bumi Aksara, 2009.
Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metode Penelitian Sosial. (Jakarta: Bumi Aksara.2006.
Wibowo, Agus. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2013.
Yulianti Syafrida Siregar, Lis. Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter: Perspektif Psikologi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, Vol. 5, No. 2, 2017.
Yusuf Khunaifi, Aan. Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Jurnal Imiah, Vol. 13, No. 2, 2019.
Zafar, Miftah. Armida, Efektivitas Penerapan Full Day School Di Sekolah Menengah, Jurnal Ecogen, Vol. 3, No. 3, 2020
Published
2024-06-24
How to Cite
R. Ngt. Sri Sumarni, Muhammd Tang, & Ismail. (2024). KONSEP KURIKULUM TERPADU FULL DAY SCHOOL DAN BERBASIS PESANTREN : Study Kasus di SMK Widya Nusantara Maros. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 5(2), 1-26. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v5i2.5746
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.