KONKRETISASI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PRIMA NUSANTARA PANGKEP

  • H.R. Budhi Sugiharto PPs STAI Al-Furqan Makkassar
  • Ismail PPs STAI Al-Furqan Makkassar
  • Sampara Palili PPs STAI Al-Furqan Makkassar
Keywords: Konkretisasi, Karakter, Peserta Didik SMK Prima

Abstract

Pendidikan sebagai upaaya untuk membentuk peserta didik yang memiliki karater, pendidikan yang berkualitas bukan hanya ditinjau dari sisi sarana dan prasaran tetapi bagaimana kualitas pendidikan yang bermutu membentuk karakter peserta didik yang mulai. Dalam artikel ini, tujuan utama penelitian ini mengacu pada fokus penelitian yaitu:  1) untuk mendeskripsikan Usaha apa saja yang dilakukan Guru dalam Konkretisasi pembentukan karakater peserta       didik di SMK Prima Nusantara Pangkep? 2) untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter peserta didik di SMK Prima Nusantara Pangkep? 3) untuk mendeskripsikan karakter peserta didik SMK Prima Nusantara Pangkep setelah dilakukannya proses pembinaan pembentukan karakter?. Jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian fenomenologi, pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan redusi data, display data dan penerikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, uji trasferability data, uji dependability data dan uji confirmability. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) Usaha yang dilakukan Guru dalam Konkretisasi pembentukan karakater peserta       didik di SMK Prima Nusantara Pangkep melalui: (a) Penerapan nilai-nilai dalam pembelajaran, (b) Pembentukan model peran, (c) Kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter, (d) Penggunaan studi kasus, (e) Membangun hubungan empati, (f) Program bimbingan dan konseling dan (g) Melibatkan orangtua dan masyarakat. 2) Proses pembentukan karakter peserta didik di SMK Prima Nusantara Pangkep melalui: (a) Pembiasaan, (b) keteladanan, (c) melalui nasehat dan dialog, dan (d) Melalui Pemberian Penghargaan dan Hukuman. 3) Karakter peserta didik SMK Prima Nusantara Pangkep setelah dilakukannya proses pembinaan pembentukan karakter meliputi: (a) Religius, (b) Disiplin, dan (c) Gotong royong. Upaya pembentukan karakter yang dilakukan di SMK Prima menunjukkan cukup efektif.

References

Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Sahmalnour, 2013.

Fitrah, Muh. & Luthfiyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Sukabumi : CV Jejak, 2017.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya , Bandung: Alfabeta, 2012.

Koenjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Moelong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2002.
Mujib, Abdul, Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karakter, Cet.III; Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm. 1.
Prayitno, Belferik Manulang, Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa,Jakarta: Gramedia, 2011.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Bandung:Alfabeta, 2003.

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berpradaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011
Published
2024-06-24
How to Cite
H.R. Budhi Sugiharto, Ismail, & Sampara Palili. (2024). KONKRETISASI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PRIMA NUSANTARA PANGKEP. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 5(2), 27-43. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v5i2.5747
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.