PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Ana Cahayani Fatimah STAI Al-Furqan Makassar
  • Mulyadin STIT Sunan Giri Bima
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Thik Pair Share (TPS), Hasil Belajar

Abstract

Keberhasilan sebuah pembelajaran dapat ditinjau dari hasil belajar peserta didik, namun aspek yang sangat krusial dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sangat perlu memperhatikan model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran sangat menentukan hasil belajar peserta didik, sebab model pembelajaran sebagai acuan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Maka dalam artikel ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar di Madrasah Alaiyah Kota Makassar. Jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yakni studi kasus. Kemudian teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MA Kota Makassar meliputi: (a) kegiatan pendahuluan, (b) kegiatan inti, dan (c) kegiatan akhir. Ranah yang menjadi perhatian dalam proses pencapaian hasil belajar mencakup: (a) aspek kognitif, (b) afektif, dan (c) aspek psikomotorik. 2) Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Di Madrasah Aliyah Kota Makassar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik

References

Ali, Ismun, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Mubtadiin, No. 1, Volume 7, Januari, 2021.
Alma, Buchari, dkk. Guru Profesional, Menguasai metode dan terampil mengajar , Cet. IV; Bandung: Alfabeta. 2010 .
Anas, Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet.XII; Jakarta; Rajawali pers, 2011.
Bagong, Susanto, Sutina, Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan Jakarta: Kencana,2015.
Bahaking, Rama, Ilmu pendidikan Islam Cet. I; Makassar: Alauddin University Press. 2011.
Bansu, Martinus, Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning, Cet. II; Bandung: Raja WaliPress.
Buchari, Alma, dkk. Guru Profesional, Menguasai metode dan terampil mengajar Cet. IV; Bandung: Alfabeta. 2010.
Cholis, Sa’ dijah, Penerapan Pembelajaran Kooperatif TPS, Cet. II; Malang: Lembaga Penelitian UM.2006.
Creswell, Jon W., Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2010.
Didik, Efendi “Proses Pembentukan Aqidah dan Akhlak pada siswa sekolah dasar di Kota Jayapura” Jurnal Imiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol.9. No.2, 2019.
Faturrohman, Pupuh dan M. Sobry, Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Cet. IV; Bandung: PT Refika Aditama. 2010.
Hasanah, Zuriatun, Ahmad Shofiyul Himami, Model Pembajalaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa, Jurnal Studi Kemahasiswaan, No. 1, Volume 1, April, 2021.
Indrawan, Rully, R. Poppy Yaniawati, Metodologi Penelitian: kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Refika Aditma, 2014.
Jalaluddin, Teknologi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT Raja GrafindoPersada. 2003.
Kokom, Kumalasari, Pembelajaran Kontekstual, Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama. 2010.
Kurniasih, Wawar, Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dengan Teknik Insiden Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Thaharo, Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 3, Volume 6, Maret, 2023.
Lukman, Ali, Kamus Bahasa Indonesia, Cet, X; Jakarta: Balai Pustaka. 1999.
Made, Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Cet. IV; Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Mitra, Ondrional, keaktifan belajar peserta didik melalui metode kerja kelompok pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 21 Pekanbaru, Skripsi fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas islam negeri sultan syarif kasim riau Pekanbaru 2011.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Cet. IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.
Muhammad, Yaumi, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Cet : II, Jakarta : Kencana, 2013.
Oemar, Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Cet. II; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rully, Indrawan, R. Poppy Yaniawati, Metodologi Penelitian: kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Refika Aditma, 2014.
Rusman, Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan,Jakarta : Kencana 2017.
Sa’ dijah, Cholis, Penerapan Pembelajaran Kooperatif TPS, Cet. II; Malang: Lembaga Penelitian UM.2006.
Sah, Saputra Thoyib dan Wahyudin, Aqidah Akhlak Madarasah Aliyah Kelas 1,Cat. II; Semarang: PT. Karya Tobha Putra. 2006.
Sampara Palili, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, (Jurnal, Vicratina Universitas Islam Malang Vol. 3 No 2) 2018
Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.
Sulistio, Andi, Nik Haryanti, Model Pembelajaran Kooperatif, Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.
Suprijono Agus, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Cet, II; Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR. 2009.
Syah, Muhibin Psikologi Belajar, Cet, I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003.
Syamsuddin, Makmun Abin. Psikologi Pendidikan, Cet. VII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004.
Tambak, Syahraini, Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Hikam, No. 1, Volume 14, April, 2017.
Taniredja Tukiran, Model-model Pembelajarana Inovatif, Cet. III; Bandung: Alfabeta. 2012.
Wina, Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010.
Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Cet : II, Jakarta : Kencana, 2013.
Published
2024-06-24
How to Cite
Ana Cahayani Fatimah, & Mulyadin. (2024). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 5(2), 44-59. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v5i2.5750
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.